Cara Mudah dan Praktis untuk Mendeteksi Borak Pada Makanan

Tags
Cara Mudah dan Praktis untuk Mendeteksi Borak Pada Makanan -Bagi Anda para pengemar bakso, bersyukurlah karena ada sebuah temuan dari siswi pelajar SMAN 3 Semarang yang bernama Dayu Laras Wening dan Luthfia Adila tentang cara sederhana, mudah dan praktis  untuk mendeteksi makanan yang mengandung borak, termasuk bakso.

Bakso memang nikmat, apalagi jika dinikmati ketika hujan rintik - rintik dan cuaca dingin, kenikmatan bakso akan lebih terasa mantap. Namun jika bakso yang nikmat itu diberi boraks, pasti kita akan takut untuk mengkonsumsinya.

Apa boraks itu dan Mengapa kita harus takut mengkonsumsi makanan yang mengandung borak ?

Cara Mudah dan Praktis untuk Mendeteksi Borak
Boraks mempunyai nama lain Natrium Biborat, Natrium piroborat, Natrium Tetraborat. Borak berbentuk kristal lunak, tidak berbau dan bisa larut dalam air. Sebenarnya boraks itu hanya boleh digunakan untuk industri non pangan, seperti pembuatan detergen, pengawet kayu, pembunuh kecoa dan lain - lain.

Apabila borak dipergunakan dalam pembuatan makanan maka akan menimbulkan banyak akibat negatif bagi para pengkonsumsinya. Konsumsi boraks bisa mengakibatkan gangguan pencernaan, gangguan sistem syaraf, ginjal, hati, pendarahan di lambung, gangguan stimulasi dan gangguan reproduksi pada pria. Parahnya lagi, jika borak termakan hingga 3 - 6 gram maka bisa menyebabkan kematian. waspadalah !!

waspadai juga : modus baru pencurian  mobil dan motor

Oleh karena itu, penting kiranya bagi kita untuk mendeteksi adanya boraks pada makanan. Bagaimana caranya ?
Dua siswi asal Semarang telah menemukan cara mudah dan praktis untuk mendeteksi adanya boraks pada bakso atau makanan lain, yaitu dengan menggunakan tusuk gigi dan kunyit.
Caranya tusukkan tusuk gigi pada kunyit, kemudian tusukkan tusuk gigi tersebut pada makanan yang akan diuji selama kurang lebih 5 detik. Kunyit akan bereaksi pada zat kimia sehingga jika makanan tersebut mengandung boraks maka tusuk gigi akan berubah menjadi merah. Jika tusuk gigi tidak berubah warna berarti makanan yang anda uji bebas dari boraks.

Temuan dari dua siswi pelajar SMA tersebut memang patut diacungi jempol, karena sangat membantu bagi kita untuk mendeteksi boraks pada suatu makanan. Pantas saja jika temuan dua siswi tersebut  mampu menyabet medali emas dalam sebuah ajang kompetisi inovasi anak yang diwadahi dalam Internatonal Exhibition For Young Inventors ( IEYI ) pada tahun 2014.

Itulah cara mudah dan praktis untuk mendeteksi adanya boraks pada makanan. Sekarang tiba saatnya Anda mempraktekannya demi menjaga kesehatan. Jika mau beli bakso atau makanan lain siapkan tusuk gigi dan kunyit, Selamat mencoba

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Komentar dengan link hidup secara otomatis akan dimatikan