Cara Mudah Menanam Bayam dalam polibag

Tags
Menanam bayam dalam polibag merupakan sebuah solusi bagi Anda yang tidak memiliki tempat luas untuk menanam sayur. Sebenarnya harga bayam di pasaran relatif murah, namun terkadang ada petani bayam yang menggunakan  pupuk maupun obat kimia berlebihan untuk menyuburkan bayam - bayam tersebut. Sebenarnya menyenangkan juga melihat bayam yang kelihatan segar dan subur, tapi kalau ingat efek negatif dari obat kimia yang berlebihan, lebih baik menanam sendiri saja, biar lebih aman.

Bayam termasuk jenis sayur yang mudah dibudidayakan. Tanpa memerlukan perawatan extra, bayam sudah bisa tumbuh berkembang dengan baik. Membudidayakan tanaman bayam dalam polibag bukanlah hal yang aneh, karena cara ini terbukti cukup mudah dan murah. Bahkan dengan menggunakan polibag, tempat yang sangat sempit pun bisa dimanfaatkan untuk membudidayakannya. Jadi menanam bayam dalam polibag merupakan solusi tepat bagi Anda yang ingin menanam sayur - sayuran sendiri tapi tidak memiliki cukup tempat.
Cara Mudah Menanam Bayam dalam polibag
Bagi Anda yang ingin menanam bayam dalam bolibag, Anda bisa mencoba cara sederhana di bawah ini.

Cara menanam Bayam dalam polibag


Untuk menanam bayam dalam polibag, pertama yang harus Anda lakukan adalah :

  • Siapkan polibag ukuran 5 kg ( bisa juga menggunakan ukuran yang lebih kecil ). Kemudian isi polibag sampai 3/4 ( tidak sampai penuh ) dengan menggunakan tanah bercampur pupuk kompos perbandingan 1: 3 ( 1 pupuk, 3 tanah )
  • Selanjutnya tebar benih bayam  sebanyak 1/4 sendok teh di atas permukaan media di dalam polibag tersebut.
  • Sirami secara rutin dan teratur untuk menjaga kelembaban tanah agar tida terlalu kering.

Biasanya dalam waktu kurang dari satu minggu bayam - bayam sudah mulai tumbuh, namun pertumbuhannya tidak seragam, ada yang pertumbuhanya cepat, ada yang lambat. Hal ini disebabkan karena benih - benih baya ditanam dengan cara ditebar sehingga jarak tanam tidak sama.  Bayam yang tumbuh dengan jarak terlalu sempit biasanya tumbuh gak lambat.

Bayam - bayam tersebut biasanya sudah bisa mulai dipanen pada umur 3 mingggu sampai satu bulan. berhubung tumbuhnya tidak seragam, sebaiknya panen bayam tersebut dilakukan bertahap. dimulai dari bayam yang sudah besar - besar dulu, kemudian menyusul bayam yang pertumbuhannya lambat.
Sekarang Anda siap memasak sayur bayam organik, tanpa pupuk dan obat kimia. Anda juga bisa menjual bayam hasil panen tersebut sebagai tambahan penghasilan.

Demikianlah cara menanam bayam dalam polibag dengan mudah, semoga informasi ini bermanfaat. Selamat mencoba

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Komentar dengan link hidup secara otomatis akan dimatikan