Ciri Pembalut Berbahaya serta Akibat yang ditimbulkan

Ciri Pembalut Berbahaya serta Akibat yang ditimbulkan -Wanita mana yang tidak butuh pembalut saat menstruasi ? saya rasa sekarang ini hampir semua wanita menggunakan pembalut saat menstruasi. Pembalut ini, berguna sebagai tempat untuk menampung darah menstruasi yang dikeluarkan oleh wanita setiap 28 hari sekali selama satu masa haid.

Adapun masa haid wanita itu berbeda - beda, tergantung kesuburan hormon dan keturunan. ada yang lima hari, enam hari, ada yang seminggu dan ada juga yang sepuluh hari. Namun umumnya wanita mengalami masa haid ini selama seminggu.

Seiring dengan kebutuhan wanita akan pembalut, sekarang ini sudah banyak sekali macam - macam pembalut yang beredar di pasaran. Mulai dari merk, bahan, bentuk dan ukuran sangat bervariasi, sehingga kaum wanita bisa dengan bebas memilih model pembalut yang sesuai dengan keinginannya. Bahkan sekarang ini disediakan juga pembalut tipe siang dan tipe malam, sehingga tidak kuatir darah haid bocor kemana - mana.

Ciri Pembalut Berbahaya
source of pixabay

Namun, anda harus hati - hati dalam memilih pembalut yang akan anda pakai. Sekarang ini, karena persaingan bisnis dan keinginan untuk meraup untung yang banyak, sampai ada oknum tega mengelola bisnis pembuatan pembalut wanita  yang tidak aman bagi kesehatan. Oleh karena itu, anda harus mengetahui ciri pembalut yang berbahaya / tidak aman bagi kesehatan.

Ciri Pembalut Yang Berbahaya bagi kesehatan 


Ada beberapa pembalut yang berbahaya bagi kesehatan. Di bawah ini adalah beberapa pembalut yang sangat berbahaya bagi kesehatan
 

Tidak terbuat dari kapas

Ada beberapa pembalut yang beredar berbahan dasar serat kayu atau kertas bekas. Hal ini tentu sangat berbahaya bagi kesehatan miss V karena sangat rentan pada penyakit.
 

Tidak murni terbuat dari kapas

Meskipun berbahan dasar kapas, tapi kalau bahan pembalut itu dicampuri dengan bahan lain yang tidak aman, bisa berbahaya untuk kesehatan miss V. Bagaimana cara mengetahui kalau pembalut itu terbuat dari kapas atau bahan lain ?
Buka lapisan permukaan pembalut, lalu rendam  selama satu jam. Jika pembalut itu hancur, berarti pembalut itu tidak terbuat dari kapas, melainkan dari kertas daur ulang.
 

Memakai pemutih buatan

Meskipun kelihatan bersih, putih dan menarik, namun pembalut yang memakai pemutih buatan ini sangat berbahaya. Kandungan Dioxin yang ada di dalam pemutih bisa memicu terjadinya kanker rahim. Bahkan menurut para peneliti kesehatan, bakteri jahat yang ada di pembalut berpemutih jika dipakai selama 2 jam bisa meningkat perkembangannya menjadi 107 kali lipat.

Bagaiman cara mengetahui kalau pembalut itu memakai bahan pemutih ?
Buka lapisan permukaan pembalut lalu masukkan ke dalam air selama satu jam. Jika air menjadi keruh keputihan berarti pembalut tersebut memakai pemutih.

Akibat Memakai Pembalut yang Berbahaya


Ada banyak akibat buruk karena memakai pembalut yang berbahaya / tidak aman bagi kesehatan :
 

Resiko kanker rahim

Memakai pembalut yang berbahaya bisa meningkatkan terjadinya kanker rahim. Hal ini terjadi karena masuknya bagian kanker ganas ke dalam rahim. Jika sampai terjadi kanker ganas maka rahim harus diangkat. Jika rahim sudah diangkat maka tidak akan mungkin lagi bisa melahirkan anak.
 

Resiko Kanker Payudara meningkat

Menurut para peneliti kesehatan, penggunaan pembalut yang berbahaya juga memicu terkena kanker payudara. Coba anda pijat payudara anda secara melingkar dari bagian pinggir ke puting. Jika anda merasakan ada sesuatu yang mengganjal coba periksakan ke dokter.

Resiko terkena miom

Pemakaian pembalut berbahaya juga bisa mengakibatkan terkena miom. Penyembuhan miom adalah dengan jalan operasi.

Resiko terkena penyakit kista

Sebagaimana Miom, kista juga termasuk penyakit yang cukup berbahaya. Jangan meremehkan penyakit kista, karena penyakit yang satu ini berdampak buruk pada rahim.
 

Kerusakan Hormon Reproduksi

Dengan menggunakan pembalut yang berbahaya maka bisa merusak hormon esterogen dan progesterone sehingga bisa menimbulkan ketidak normalan reproduksi. Kandunagn Dioxin yang ada pada pembalut berpemutih juga bisa merusak hormon reproduksi.
 

Resiko Kelahiran cacat pada bayi

Kerusakan hormon reproduksi yang diakibatkan oleh pembalut berbahaya bisa menyebabkan terjadinya mutasi sel. Hal ini bisa menimbulkan kelahiran cacat pada bayi.
 

Meningkatkan resiko keguguran

Kerusakan hormon reproduksi yang diakibatkan oleh pembalut berbahaya bisa menyebabkan terjadinya mutasi sel. Selain menjadikan cacat pada bayi, hal ini juga bisa mengakibatkan keguguran.

Tips Memakai Pembalut Sehat


1  Pakailah pembalut yang memiliki daya serap bagus
cara memilih pembalut berdaya serap bagus adalah dengan menuangkan 50 ml di atas permukaan pembalut dan biarkan beberapa saat. kemudian taruh tisu diatas permukaan pembalut tersebut. Lalu tekan tisu tadi. Jika basah berarti daya serap pembalut tersebut krang bagus.

2 Jangan memakai pembalut terlalu lama
Pemakaian pembalut yang terlalu lama, bisa mengakibatkan darah haid menjadi lembab dan akhirnya terjadi penguapan. Penguapan darah kotor terebut akhirnya masuk kembali lewat v@gin@, lalu ke serviks, lalu uterus dan akhirnya ke tuba fallopi. tentu ini sangat berbahaya bagi kesehatan.

Itulah Ciri pembalut berbahaya dan akibat yang ditimbulkan. Semoga artikel ini bermanfaat

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Komentar dengan link hidup secara otomatis akan dimatikan