Linu Pada Lutut dan Tips Sederhana Mengatasinya

Linu pada lutut adalah salah satu penyakit yang biasa dialami oleh setiap orang dari segala umur, baik anak - anak, remaja maupun orang tua pernah mengalaminya. Penyakit ini biasanya datang secara tiba - tiba dan terasa sangat sakit sehingga membuat aktivitas menjadi terganggu. Penyebab dan penyembuhan linu pada lutut itu berbeda - beda, bisa karena asam urat, diabetes dan lain - lain.

Bagi Anda yang hobi berolah raga hendaknya jangan memaksakan diri untuk melakukan hal yang membahayakan diri. Jika anda mengalami linu pada lutut ketika habis berolah raga, kemungkinan itu diakibatkan karena cidera pada lutut sebab terlalu memaksakan diri dalam melakukan olah raga. Untuk mengobati rasa linu ini, sebaiknya lutut yang sakit diberi gel anti nyeri atau salep anti nyeri yang banyak dijual di apotek. Jika penyakit tidak tidak segera sembuh, sebaiknya segera konsultasi kepada dokter spesials ortopedi.
[baca juga :  menurunkan kolsterol dengan daun sirsak]
Linu Pada Lutut
Secara umum linu pada lutut disebabkan karena inflamasi (peradangan) pada area di sekitar persendian. Suplemen berkalsium yang bisa dijual dipasaran bukan merupakan satu - satunya solusi pada sakit linu di lutut. Hal ini dikarenakan tadak semua sakit linu dikarenakan karena kekurangan kalsium. Diabetes juga bisa menyebabkan linu pada lutut. Jika Anda mengalami penyakit ini namun belum sempat untuk mengkonsultasikan kepada dokter tentang penyebab pasti penyakit tersebut, Anda bisa mempraktekkan tips berikut ini sebagai penanganan pertama :

  • Melakukan olah raga secara rutin dan teratur dengan durasi waktu minimal 10 menit. Sebaiknya lakukan olah raga yang ringan saja, yang penting bisa melemaskan otot kaku. Jangan memaksakan diri melakukan olah raga yang berat, karena bisa memperparah linu pada lutut. Selain itu, jaga berat badan agar tidak terlalu berat sehingga mengurangi beban yang membebadi lutut
  • Kurangi aktivitas yang bisa menimbulkan tekanan lutut misalnya berdiri-jongkok, lari - lari, naik turun tangga dan lain - lain. Anda bisa melakukan lagi aktivitas tersebut ketika lutut sudah sembuh, namun sebaiknya lakukan secara bertahap.
  • Jangan memakai sepatu yang kurang nyaman dan membuat sakit di lutut menjadi parah. Ganti sepatu Anda dengan sepatu yang lebih nyaman meskipun harganya murah. Akan lebih baik jika Anda menunjukkan sepatu itu kepada dokter, agar dokter memberi arahan terbaik untuk Anda.
  • Setelah melakukan aktivitas, sebaiknya kompres lutut dengan es batu selama 10-20 menit. Hal ini terbukti mampu mengurangi rasa nyeri di lutut akibat banyak melakukan aktivitas. Sebenarnya banyak obat penghilang nyeri yang dijual di toko obat, namun sebaiknya anda konsultasikan dulu obat yang akan Anda konsumsi kepada dokter spesialis

Itulah beberapa tips untuk mengatasi linu pada lutut. Jika penyakit ini tidak kunjung hilang sebaiknya segera bawa ke dokter agar penyakit segera sembuh. Sekian, semoga bermanfaat

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Komentar dengan link hidup secara otomatis akan dimatikan