Manfaat Dan Efek Samping Semut Jepang Bagi Kesehatan

Manfaat dan efek samping semut jepang bagi kesehatan - Semut jepang merupakan jenis serangga kecil dari negara jepang yang mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan.  Ada banyak jenis semut jepang yang dibudidayakan oleh para peternak semut. Mereka memilih untuk beternak semut jepang karena serangga kecil ini mempunyai banyak manfaat dan harga jualnya cukup menggiurkan, yaitu Rp 1000/ ekor ( tapi sekarang harganya sudah mulai murah ).

Semut jepang, memiliki badan keras, mempunyai sayap tapi tidak bisa terbang, hidupnya berkelompok dan tidak kanibal. Perkembangbiakan  semut ini tergolong sangat cepat, dalam waktu singkat semut jepang sudah menjadi banyak. Ciri khusus yang membedakan semut ini dengan jenis semut lain adalah sayab. Pada umumnya, semut yang hidup di negara kita yang mempunyai sayab hanyalah ratu semut. Itupun sayab tipis yang mudah rusak. Kalau semut jepang, semua memiliki sayab tebal meskipun bukan seekor ratu.
[baca juga :  cara mudah menghilangkan kutu rambut]
Manfaat Dan Efek Samping Semut Jepang


Cara Membudidayakan Semut Jepang


Semut jepang sangat mudah untuk dibudidayakan. Jika Anda tertarik untuk membudidayakan sekedar untuk dimanfaatkan sendiri atau dijual kepada orang yang membutuhkan, caranya adalah sebagai berikut :

  1. Siapkan media tempat tinggal semut dengan menggunakan t0ple$ yang dulubangi tutupnya
  2. Masukkan kapas ke dalam t0ple$. Kapas ini nantinya akan menjadi sarang, tempat bersembunyi dan tempat bertelur.
  3. Masukkan bibit semut jepang sesuai keinginan
  4. Masukkan ragi kedalam t0ple$. Ragi ini merupakan makanan semut, jadi kalau ragi  habis supaya diberi lagi.
Cukup mudah kan ? Silahkan dicoba..
[baca juga : ternak dan budidaya kroto hasilkan jutaan rupiah]

 

Manfaat Semut Jepang bagi Kesehatan


Ada banyak manfaat yang bisa diperoleh dari semut jepang, antara lain :

  • Menormalkan kolesterol darah
  • Meringankan dan mengobati asam urat
  • Meringankan dan mengobati sakit jantung
  • Menstabilkan gula darah sehingga mampu mengobati penyakit diabetes
  • Menormalkan tekanan darah, bagi orang yang mengalami hipertensi  (darah tinggi)
Untuk memperoleh manfaat semut jepang tersebut, anda harus mengkonsumsinya. Adapun cara mengkonsumsi bisa menggunakan kapsul kosong atau langsung ditelan tanpa menggunakan kapsul. Jika anda memilih menggunakan kapsul, sebaiknya anda beli kapsul kosong berbahan rumput laut yang dijual di apotek. Masukkan semut jepang ke dalam kapsul lalu telan kapsul tersebut dengan menggunakan pisang atau dengan air putih. Menurut informasi yang kami terima, semut jepang yang diminum dalam keadaan mati akan berkurang khasiatnya. Oleh karena itu, jangan membunuh semut jepang yang akan anda konsumsi, silahkan ditelan hidup - hidup.

Efek samping  semut jepang bagi kesehatan


Manfaat semut jepang bagi kesehatan memang banyak, namun demikian bukan berarti tidak ada efek samping yang ditimbulkan karena mengkonsumsi semut jepang. Ada beberapa efek samping akibat mengkonsumsi semut jepang, diantaranya adalah :

1. Mengakibatkan Nyeri di Sekitar Kem@lu@n


Semut jepang  yang dikonsumsi secara berlebihan dan dalam jangka waktu yang lama bisa mengakibatkan rasa nyeri di sekitar kem@lu@n. Hal ini bisa terjadi karena otot disekitar  kem@lu@n sangat sensitif terhadap zat - zat tertentu yang bisa menguatkan aliran darah.

2. Mengakibatkan Penurunan Hemoglobin


Hemoglobin sangat diperlukan oleh tubuh untuk meningkatkan aliran darah dan oksigen ke seluruh tubuh. Konsumsi semut jepang yang tidak tepat dan over dosis bisa mengakibatkan turunnya hemoglobin tubuh. Oleh karena itu, hati - hati dalam mengkonsumsi semut jepang, jangan sampai berlebihan.

3. Kadar gula turun drastis


Biasanya ini terjadi pada penderita diabetes. Karena terlalu bersemangat untuk menurunkan gula darahnya sehingga mengkonsumsi semut jepang ini secara berlebihan. Alhasil kadar gula darah pun turun drastis sehingga mengakibatkan ketidak seimbangan tubuh, lemas, tidak semangat bahkan hilang kesadaran

4. Efek Panas pada tubuh


Selain ketiga efek samping diatas, konsumsi semut jepang yang berlebihan juga bisa mengakibatkan efek panas pada tubuh. Rasa panas yang tak kunjung hilang bisa mengakibatkan dehidrasi yang kurang baik bagi kesehatan

Pada intinya efek samping semut jepang itu disebabkan karena konsumsi yang berlebihan. Jika mengkonsumsi secara wajar maka efek samping yang saya tulis diatas tidak akan muncul. Demikian, semoga bermanfaat

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Komentar dengan link hidup secara otomatis akan dimatikan