Penyebab Rambut Bercabang dan Cara Tradisional Mengatasinya

Penyebab Rambut Bercabang - Rambut bercabang adalah salah satu masalah rambut dengan ciri - ciri rambut terbelah menjadi dua. Akhir - akhir ini rambut bercabang sering terjadi, terutama pada kaum hawa yang kurang teratur dalam melakukan perawatan rambut. Rambut yang bercabang biasanya sulit untuk disisir sehingga membuat sang pemilik rambut menjadi tidak nyaman. Penampilan rambut pun terlihat kurang halus bahkan kasar dan kering. Lantas, apa saja yang bisa menyebabkan rambut bercabang ?

Penyebab Rambut Bercabang

Ada banyak hal yang bisa menimbulkan rambut bercabang, antara lain adalah sebagai berikut :

Rambut kekurangan nutrisi


Tiap helai rambut membutuhkan nutrisi yang cukup agar bisa tampak indah dan halus. Kekurangan nutrisi bisa menjadikan rambut menjadi bercabang, kasar dan kering. Adapun nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut adalah protein nabati, zat besi dan vitamin B. Nutrisi tersebut bisa Anda dapatkan dari sayur dan buah seperti bayam, kangkung,brokoli, kacang - kacangan dan jeruk. Ikan dan susu juga sangat baik untuk mensuply nutrisi rambut Anda.
[baca juga : tips ampuh mengatasi wajah kusam kering]
Penyebab Rambut Bercabang


Terkena Pengaruh Sinar Ultraviolet


Sinar matahari yang langsung mengenai rambut bisa mengakibatkan masalah rambut, seperti ketombe, rambut rontok dan rambut bercabang. Oleh karena itu, jangan melakukan aktivitas di bawah terik matahari tanpa menggunakan tutup kepala. Gunakan topi dan atau tutup kepala yang lain ketika Anda sedang beraktivitas di bawah terik matahari, sehingga resiko rambut bercabang bisa dihindari.

Terkena pengaruh bahan kimia


Perawatan rambut dengan menggunakan bahan kimia memang cepat terlihat hasilnya, namun berhati - hatilah dalam menggunakan bahan kimia tersebut, karena perawatan rambut dengan menggunakan bahan kimia bisa menimbulkan dampak buruk bagi rambut di kemudian hari. Jika Anda tidak segera berhenti dalam menggunakan obat kimia, berarti Anda telah siap untuk menghadapi masalah rambut yang akan datang termasuk rambut bercabang.
[baca juga :  penyebab rambut rontok dan cara mengatasinya]

Kebiasaan Mencatok rambut


Pada saat rambut berantakan, banyak orang yang menggunakan alat catok rambut untuk merapikannya. Padahal, terlalu sering menggunakan alat tersebut untuk merapikan rambut bisa mengakibatkan rambut bercabang. Hal ini disebabkan karena pertumbuhan rambut terhambat dengan alat tersebut.

Memelihara rambut hingga terlalu panjang


Memiliki rambut panjang memang sangat menyenangkan, namun jika tidak dibarengi dengan perawatan yang benar dan teratur, masalah rambut pun akan segera muncul. Rambut bercabang adalah salah satu masalah rambut yang ditimbulkan akibat kurangnya perawatan rambut yang dibiarkan terlalu panjang.

Tips Atasi Rambut Bercabang


Setelah Anda tahu penyebabnya sekarang Anda tinggal menjaga diri untuk tidak melakukan hal - hal yang menjadikan rambut rontok. Menggunakan obat kimia untuk mengatasi rambut bercabang bukanlah solusi tepat, karena dalam jangka waktu tertentu rambut akan kembali bercabang bahkan lebih parah. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda praktekkan untuk menghindari masalah pada rambut :

Jangan menggunakan hair dryer untuk mengeringkan rambut


Menggunakan alat pengering rambut seperti hair dryer dan sejenisnya memang asyik. Tanpa menunggu lama, rambut yang baru dikeramas akan segera kering. Namun, alat ini bisa berdampak kurang baik bagi rambut karena aliran listrik yang terhantar dari alat tersebut bisa mengakibatkan rambut rapuh sehingga mudah rontok dan bercabang.

Jangan menyemir / mewarnai rambut


Mewarnai rambut memang hal yang menyenangkan, apalagi kaula muda yang selalu ingin tampil beda dan tampil menarik. Namun, sebelum Anda benar - benar menyemir rambut, sebaiknya dipertimbangkan terlebih dahulu, karena zat kimia yang terdapat di dalam semir rambut bisa mengakibatkan masalah pada rambut, termasuk rambut bercabang.

Memotong rambut secara rutin


Rambut yang dipotong secara rutin minimal 2 bulan sekali bisa berdampak baik bagi kesehatan rambut. Adapun jangka waktu pemotongan rambut tiap orang itu berbeda - beda sehingga Anda harus mengenali seberapa cepat pertumbuhan rambut Anda. Caranya, potonglah rambut Anda, lalu ingat - ingat berapa hari rambut Anda tumbuh gondrong. Jarak itulah yang digunakan sebagai ukuran waktu untuk memotong rambut secara rutin.

Haluskan rambut dengan kondisioner


Setelah keramas, sebaiknya Anda menggunakan kondisioner agar rambut tetap lembab dan halus sehingga resiko mengalami rambut bercabang berkurang.

Itulah beberapa tips untuk menghindari rambut bercabang. Jika Anda mempraktekan tips di atas tapi kenyataannya rambut masih bercabang maka Anda harus segera menanganinya dengan pengobatan. Banyak obat untuk mengatasi masalah rambut yang dijual bebas dengan harga relatif terjangkau.

Cara Tradisional Mengatasi Rambut Bercabang


Sebelum Anda benar - benar ingin menggunakan obat,  ada baiknya Anda mencoba obat tradisional untuk mengatasi rambut bercabang. Obat tradisional / alami lebih aman digunakan daripada obat kimia yang efek sampingnya sudah saya tulis diatas. Berikut ini adalah beberapa obat tradisional untuk mengatasi rambut bercabang :

Menggunakan masker telur


Selain sangat ampuh untuk mengatasi kulit kering dan kusam, telur ayam sangat baik digunakan sebagai bahan perawatan rambut. Caranya adalah dengan mencampurkan kuning telur dengan 3 sendok minyak zaitun lalu balurkan pada kulit kepala sambil dipijat dengan halus. Diamkan selama 40 menit dengan ditutupi shower cap. Setelah 40 menit bilas rambut dengan menggunakan air hangat.

Menggunakan Masker pepaya


Buah pepaya juga sangat efektif  untuk mengatasi rambut bercabang. Caranya adalah dengan menghaluskan buah pepaya yang sudah matang lalu dicampur dengan yogurt. Setelah itu balurkan pada kulit kepala sambil dipijat - pijat secara lembut. Biarkan masker tersebut selama 15 menit lalu bilas dengan menggunakan air hangat.

Campuran Minyak zaitun, almond dan jarak


Untuk mengatasi rambut bercabang Anda bisa menggunakan campuran dari minyak zaitun, minyak almond dan minyak jarak masing - masing 1 sendok makan. Oles dan pijatlah kulit kepala Anda dengan menggunakan ramuan ini kurang lebih 15 menit. Setelah itu tutup kepala dengan menggunakan handuk hangat selam 10 menit, kemudian bilas  dengan air bersih.

Memakai Masker madu


manfaat madu untuk perawatan tubuh sangatlah banyak,. Selain untuk menghilangkan tahi lalat madu juga bisa digunakan untuk mengatasi rambut bercabang. Caranya adalah dengan mencampurkan 2 sendok madu dengan 2 sendok yogurt dan 1 buah jeruk lemon. Oleskan ramuan ini pada rambut dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu bilas dengan menggunakan air bersih.

Memakai masker alpukat


Untuk membuat masker alpukat Anda membutuhkan minyak zaitun sebagai campurannya. Haluskan 1 buah alpukat kemudian campur dengan satu sendok minyak zaitun. Oleskan ramuan ini pada rambut dan biarkan  selama 30 menit. Setelah itu bilas dengan menggunakan air bersih.

Demikianlah artikel tentang penyebab rambut bercabang dan obat alami untuk mengatasinya, semoga bermanfaat

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Komentar dengan link hidup secara otomatis akan dimatikan