Penyebab Sering Sariawan dan Cara Mengobatinya

Penyebab Sering Sariawan dan Cara Mengobati Sariawan - Siapa yang tidak pernah mengalami sariawan ? pasti semua orang pernah mengalaminya. Sariawan adalah infeksi atau peradangan yang umumnya muncul di daerah mulut. Sariawan menyerang pada manusia tanpa memandang usia, mulai dari anak kecil sampai kakek nenek tidak ada yang terlewatkan. Meskipun umum dialami oleh semua orang, namun sariawan bisa berdampak kurang baik bagi tubuh . Sariawan yang terjadi di mulut biasanya mempengaruhi pada kebiasaan baik kita, misalnya :
  • Menurunnya nafsu makan yang bisa mengakibatkan tubuh kekeurangan asupan nutrisi
  • Sakit ketika mengunyah, sehingga menjadi malas makan
  • Makanan tidak bisa dikunyah dengan sempurna karena rasa sakit yang ditimbulkan oleh sariawan
  • Kekebalan tubuh menurun yang diakibatkan karena kurangnya asupan nutrisi makan yang masuk ke dalam tubuh

Penyebab Sariawan

Penyebab Sering Sariawan
Sariawan yang tiba - tiba muncul dan menyerang mulut itu disebabkan oleh bermacam - macam faktor. Sariawan terkadang menyerang  orang - orang tertentu dengan volume terlalu sering, bahkan belum sampai sembuh sariawan yang lama, sariawan baru sudah menyusul. Sebenarnya apa penyebabnya ?. Orang yang sering mengalami sariawan itu disebabkan oleh banyak sebab, antara lain sebagai berikut  :

Kekurangan vitamin B12 dan zat besi


Orang yang mengalami kekurangan vitamin B12 dan zat besi sangat berpotensi terserang sariawan. Biasanya mereka terkena sariawan karena kekurangan dua mineral tersebut serta dibarengi dengan kekurangan vitamin C. Vitamin B12 dan zat besi bukanlah penyebab mutlak terjadinya sariawan, namun kebanyakan orang terserang sariawan karena kekurangan vitamin B12 dan zat gizi tersebut.

Daerah rongga mulut yang tergigit


Area mulut tanpa sengaja bisa tergigit pada saat mengunyah makanan karena mengunyah makanan terlalu cepat atau karena ngobrol, ini merupakan penyebab umum terjadinya sariawan. Biasanya area mulut yang sering tergigit adalah bagian bibir dan lidah, setelah tergigit sariawan pun akan segera muncul. Jika mengalami hal ini, sebaiknya Anda mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin C agar sariawan segera kabur.

Pemasangan bracket dari kawat gigi


Perawatan gigi dengan menggunakan kawat gigi memang sangat baik, namun tidak bisa dipungkiri bahwa gejala sariawan akan sering muncul akibat perawatan gigi model ini. Namun jangan khawatir, karena hal ini wajar terjadi. Gejala sariawan yang ditimbulkan akan segera hilang seiring dengan penyesuaian rongga mulut terhadap kawat gigi.

Kuman, plak dan bakteri di dalam mulut


Kuman, plak dan bakteri yang bersarang di mulut merupakan salah satu penyebab masalah kesehatan yang muncul di mulut, seperti sariawan, sakit gigi, gigi berlubang dan lain - lain. Oleh karena itu, rajin - rajinlah membersihkan mulut dengan rajin menggosok gigi menggunakan pasta gigi dan berkumur dengan menggunakan obat kumur.

Stress, depresi dan masalah psikologis


Selain penyebab diatas, ternyata stress, depresi dan masalah psikologi juga menjadi sebab timbulnya sariawan di mulut. Pikiran yang sedang tertekan, depresi, galau dan sebangsanya bisa memicu terjadinya sariawan. Hal ini bisa terjadi karena, masalah psikologis seperti depresi dan stress  bisa menimbulkan efek psikosomatis yang mengakibatkan munculnya berbagai macam gejala fisioogis termasuk sariawan.

Untuk menghindari hal ini, sebaiknya Anda bersikap lebih rilexs, santai dan tidak mudah panik dalam mengahadapi segala hal.Jika Anda merasa tertekan dengan suatu keadaan, segera lakukan kegiatan yang menjadikan fikiran menjadi rileks, seperti jalan - jalan, bergurau dengan keluarga dan beristirahat.

Kanker Mulut dan kanker rongga mulut


Inilah penyebab sariawan yang paling menakutkan dan paling berbahaya. Kanker mulut dan kanker rongga mulut merupakan penyakit yang menyerang di area mulut dengan gejala tumbuhnya sariawan di mulut. Biasanya sariawan ini tidak segera sembuh dalam jangka waktu yang lama meskipun sudah banyak mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C. Selain itu, sariawan yang ditimbulkan akibat kanker ini memiliki bentuk dan ukuran yang tidak wajar, yaitu lebih besar dari pada sariawan pada umumnya. Jika Anda mengalami sariawan dengan ciri - ciri tersebut, sebaiknya Anda segera konsultasi kepada dokter spesialis agar penyakit segera teratasi sebelum menjadi parah.

Dinding pembuluh darah kapiler mengalami pendarahan


Pembuluh darah kapiler pada mulut yang mengalami pendarahan juga bisa menyebabkan terjadinya sariawan. Jika hal ini terjadi pada mulu Anda sebaiknya segera konsultasikan ke dokter agar penyakit segera tertangani.

Hemofilia


Hemofilia adalah jenis penyakit yang disebabkan karena faktor genetis. Sariawan bisa juga disebabkan karena Hemofilia. Biasanya sariawan jenis ini terjadi dengan disertai pendarahan pada mulut.

Setelah kita tahu apa saja penyebab sariawan, sebaiknya kita mulai hati - hati dalam menentukan langkah sehari - hari agar terhindar dari sariawan. Ada beberapa tips agar Anda terhindar dari penyakit yang satu ini, yaitu :

  1. Bersihkan mulut secara rutin dan teratur dengan menggosok gigi pakai pasta gifi dan berkumur menggunakan obat kumur agar mulut bisa bersih sempurna.
  2. Makanan makanan / minum minuman yang banyak mengandung vitamin C
  3. Minum air putih yang cukup

Cara Mengobati Sariawan


Jika Anda telah mempraktekan cara diatas tapi sariawan tetap muncul, maka Anda tidak perlu panik, karena biasanya sariawan akan segera sembuh dengan sendirinya dalam kurun waktu 10 - 14 hari. Namun jika Anda merasa tidak nyaman dalam menunggu proses sembuhnya sariawan, Anda  bisa menyembuhkannya dengan ramuan obat sariawan alami yang terbukti ampuh dan tanpa efek samping. Berikut ini akan kami tuliskan resep obat tradisional untuk menyembuhkan sariawan :

Mengobati sariawan dengan Air Kelapa


Air kelapa muda bisa kita gunakan sebagai obat alami pengusir sariawan. Caranya cukup mudah dan sederhana, yaitu dengan menggunakan air kelapa untuk berkumur - kumur.

Mengobati sariawan dengan Kulit Batang Jambu Air


Untuk mengobati sariawan yang kita butuhkan bukan buah jambu air, tapi kulit batangnya. Caranya adalah dengan menumbuk 10 gram kulit batang jambu air, kemudian dimasak dengan menggunakan air 1 gelas. Didihkan sampai air tingga 1/2 gelas, dinginkan lalu gunakan untuk berkumur.

 Mengobati sariawan dengan Kopi Bubuk


Kopi bubuk juga sangat efektif untuk mengatasi sariawan. Caranya sangat mudah, yaitu dengan menaburkan kopi bubuk pada mulut yang terkena sariawan, tunggu beberapa menit meskipun terasa agak perih, lalu berkumurlah dengan menggunakan air bersih.

Mengobati sariawan dengan air garam


Selain cara diatas, ternyata air garam juga mampu mempercepat proses penyembuhan sariawan. Caranya adalah dengan melarutkan garam ke dalam air hangat lalu gunakan untuk berkumur. Lakukan dengan telaten agar sariawan segera undur diri.

Mengobati sariawan dengan lidah buaya


Lidah buaya memang asalah satu jenis tanaman yang kaya akan manfaat, diantaranya bisa untuk menghilangkan jerawat, menghilangkan bekas jerawat, mengatasi rambut rontok, menghilangkan ketombe dan lain - lain. Selain itu, lidah buaya juga bisa dimanfaatkan sebagai obat sariawan. Caranya adalah dengan menempelkan gel lidah buaya pada sariawan, diamkan beberapa menit lalu kumur dengan air bersih.

Mengobati sariawan dengan bawang putih


Sariawan juga bisa kita usir dengan menggunakan bawang putih. Caranya cukup sederhana, yaitu dengan menempelkan bawang putih yang telah diiris pada sariawan. Biarkan beberapa menit lalu kumur dengan air bersih.

 Mengobati sariawan dengan Tomat


Ini adalah obat sariawan yang banyak disukai orang, yaitu mengkonsumsi tomat mentah. Jika Anda tidak suka makan tomat mentah, Anda bisa membuat jus tomat lalu diminum secara rutin hingga sariawan sembuh.


Mengobati sariawan dengan Kunyit


Cara mengobati sariawan dengan menggunakan kunyit adalah menumbuk kunyit sampai halus, campur dengan satu sendok teh gliserin, lalu tempelkan pada luka sariawan.Biarkan beberapa saat sebelum anda berkumur.

Itulah Penyebab sariawan dan cara mengobatinya secara alami yang bisa saya tulis. Semoga bermanfaat

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Komentar dengan link hidup secara otomatis akan dimatikan