Tips Ampuh Mengatasi Balita yang Susah Makan

Tips Ampuh Mengatasi Balita yang Susah Makan - Tanpa diketahui sebab yang jelas, terkadang buah hati kita tiba - tiba menjadi susah makan. Hal ini umum terjadi pada anak - anak, namun sebagai orang tua pasti merasa cemas dan takut dengan keadaan ini. Betapa tidak, anak kecil yang seharusnya membutuhkan banyak nutrisi dan asupan gizi untuk pertumbuhan, tiba - tiba tidak mau makan, sehingga dalam hitungan hari tubuh anak sudah terlihat kurus, lemes dan pucat.

Oleh karena itu, anak balita yang kehilangan nafsu makan supaya segera ditangani, sebelum semuanya terlambat. Sejak sedini mungkin orang tua harus mendidik buah hatinya agar memiliki kebiasaan makan makanan yang cukup dan pola makan yang sehat. Hal ini dilakukan karena kebiasaan makan anak di usia kecil akan terus terbawa sampai dewasa.

Umur bayi yang kurang dari 3 tahun adalah masa - masa yang memerlukan banyak latihan untuk membentuk keterampilan anak dalam membiasakan pola makan yang sehat. Terlebih lagi ketika bayi berumur 6 - 9 bulan. Pada usia ini merupakan masa kritis dalam mendidik kebiasaan pola makan anak. Jika tidak dimanfaatkan dengan sebaik - baiknya akan berakibat kurang baik, yaitu anak menjadi malas makan dan kebiasaan tersebut akan dibawa sampai dewasa.
Tips Ampuh Mengatasi Balita yang Susah Makan

baca juga : obat alami untuk keputihan gatal gatal
Kebiasaan makan seseorang itu dipengaruhi oleh banyak hal,  antara lain faktor sosial, budaya, ekonomi, agama, umur jenis kelamin dan kondisi kesehatan. Selera makan sangat dominan dalam mempengaruhi pola makan seseorang termasuk anak kecil. Berikut ini akan kami tuliskan beberapa tips sederhana untuk mengatasi anak balita yang susah makan

Tips Mengatasi balita yang susah makan


Untuk mengatasi buah hati Anda yang tiba - tiba nafsu makannya menghilang adalah sebagai berikut :

  • Berikan makanan kepada anak dengan porsi sedang ( tidak terlalu banyak ). Lebih baik anak minta tambah makan dari pada makanan yang diberikan tidak habis.
  • Berikan makanan anak sesuai dengan tingkat perkembangannya. Jangan memberi makanan yang belum waktunya diberikan karena bisa mengakibatkan hal buruk pada anak.
  • Sajikan makanan anak dengan menarik dan bervariasi sehingga anak tidak merasa bosan dengan sajian makanannya. Fahami juga tentang ketertarikan anak terhadap suatu makanan, apakah karena tampilan ataukah karena rasa sehingga Anda dengan mudah menyajikan menu makanan yang menarik hati anak.
  • Berikan makanan yang bergizi dan jangan memberikan makanan camilan yang berlebihan karena bisa membuat anak menjadi tidak lapar, walhasil anak menjadi susah makan.
  • Di saat memberikan makan anak, sebaiknya ciptakan suasana yang menyenangkan dan menggembirakan hati sang buah hati
  • Ajari anak makan sendiri, jangan disuapi terus - terusan, karena dengan makan sendiri bisa melatih kemampuan motorik anak dan anak merasa lebih mandiri sehingga semangat makan anak pun meningkat.
  • Jika memberikan menu makanan yang baru, jangan langsung diberi porsi yang banyak, tapi berikan dulu sedikit - sedikit.
  • Beri makan anak dengan kelembutan dan kasih sayang, jangan memberi makan / menyuapi anak dengan tergesa - gesa agar makanan cepat habis.
  • Terkadang anak menginginkan makanan yang dilihatnya, sebaiknya Anda tidak selalu menuruti keinginannya karena bisa menyebabkan anak menjadi malas makan nasi.
  • Setelah sekian lama Anda merawat anak, pastilah Anda tahu makanan kesukaan sang buah hati. Sebaiknya masukkan unsur gizi pada makanan kesukaan anak tersebut.
  • Usahakan anak terbiasa dengan menu makanan rumah. caranya adalah dengan sering - sering memperkenalkan anak dengan aneka jenis makanan rumah sejak sedini mungkin.
  • Beri makan anak dengan selingan pengganti nasi, misalnya roti, biskuit, bakpau apabila anak sedang malas makan nasi.
  • Pemberian makan anak jangan sampai lebih dari 20 menit, karena bisa membuat mulut anak terlalu capek.
  • Ajak anak makan bersama - sama. 
  • Ajak anak untuk bergerak, karena dengan melakukan banyak gerakan anak akan menjadi mudah lapar.
  • Jangan memberikan MSG pada makanan anak karena bisa menjadikan ketergantungan pada MSG serta berakibat kurang bik pada tubuh.
  • Beri suplemen vitamin dan mineral apabila memang diperlukan.
  • Jika segala usaha telah dilakukan, namun anak tetap susah makan sebaiknya Anda segera konsultasikan ke dokter anak.

Anak susah makan memang membuat hati orang tua menjadi cemas dan takut, namun dengan ketelatenan dan mempraktekkan tips - tips di atas insya@ nafsu makan sang buah hati menjadi meningkat. Semoga bermanfaat.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Komentar dengan link hidup secara otomatis akan dimatikan