Bahaya Membersihkan Telingan Dengan Catton Bud

Bahaya Membersihkan Telinga dengan Catton Buds - Kebiasaan membersihkan telinga dengan menggunakan catton bud sudah menjadi hal umum yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Walaupun kelihatannya baik dan bermanfaat yaitu untuk membersihkan telinga dari berbagai jenis kotoran, namun kenyataannya justru sebaliknya. Membersihkan telinga dengan catton bud malah bisa mengakibatkan hal buruk pada telinga. Hal ini bisa terjadi karena beberapa alasan berikut ini :

Telinga Mampu Membersihkan Sendiri Kotoran yang Ada


Sebagaimana anggota tubuh yang lain, ternyata telinga mampu membersihkan kotoran dengan sendirinya. Membersihkan telinga dengan menggunakan alat seperti pin rambut, klip kertas, catton bud dan lain - lain sebenarnya malah bisa membahayakan kesehatan telinga. Sesekali menggunakan alat tersebut untuk membersihkan telinga memang tidak apa - apa, namun penggunaan yang terlalu sering sangat tidak dianjurkan.

Bahaya Membersihkan Telingan


Lilin Telinga Menjijikkan tapi Menyehatkan


Lilin telinga / kotoran telinga yang biasa dibersihkan dengan catton bud ternyata berguna untuk melindungi lapisan dalam telinga.  Selain itu, lilin telinga juga berfungsi untuk membunuh bakteri yang masuk ke dalam telinga. Rasa dang ding dung akibat telinga kemasukan air juga bisa sembuh dengan sendirinya atas bantuan lilin telinga. Tidak hanya itu, lilin telinga juga mampu menyerap kotoran, kuman - kuman  dan sel kulit mati dalam telinga lalu membuangnya keluar secara perlahan.

Memang dalam kasus tertentu ada orang yang memiliki lilin telinga berlebihan sehingga mengganggu pendengaran. Namun untuk mengatasi hal ini, tidak perlu membersihkan sendiri dengan catton bud, tapi cukup pergi dokter spesialis THT untuk menyembuhkannya. Pak Dokter  nantinya akan membersihkannya dengan cara yang tepat dan aman sehingga tidak membahayakan telinga. Jadi, membersihkan lilin telinga / kotoran telinga dengan catton bud ataupun dengan alat lain itu merupakan tindakan yang salah meskipun kebanyakan orang beranggapan bahwa hal itu adalah tindakan yang tepat.

[baca juga :  bahaya makan mie pakai nasi]

Catton Bud Bisa Merusak Telinga


Catton bud yang dimasukkan ke dalam telinga akan membawa masuk kuman - kuman ke dalam telinga. Selain itu,  catton bud yang dimasukkan ke dalam telinga akan memaksa masuk lilin telinga yang mau keluar. Akibatnya kotoran, kuman dan sel kulit mati yang mau keluar bersama dengan lilin telinga akan masuk lagi kedalam telinga. Selain itu, membersihkan telinga dengan catton bud bisa berpengaruh pada kesehatan gendang telinga. Hal ini disebabkan karena gendang telinga merupakan selaput tipis di dalam telinga yang mudah robek jika terkena desakan.

[baca juga : ciri pemblut berbahaya dan akibat yang ditimbulkan]

Asyiknya memutar - mutar catton bud dalam telinga terkadang membuat lupa diri sehingga memasukkannya terlalu dalam. Akibatnya gendang telinga terdesak dan robek. Sebenarnya gendang telinga yang robek bisa sembuh dengan sendirinya tapi butuh waktu yang cukup lama. Kerusakan parah pada gendang telinga bisa membuat telinga menjadi tuli.

Kesimpulan : jangan terlalu sering membersihkan telinga dengan catton bud, jika terpaksa harus membersihkan  maka jangan terlalu dalam karena bisa membahayakan telinga.

Itulah beberapa sebab bahaya membersihkan telinga dengan catton bud yang wajib Anda tahu. Semoga artikel singkat ini bermanfaat, jangan lupa sebarkan kepada sanak saudara, teman dan handai taulan...

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Komentar dengan link hidup secara otomatis akan dimatikan