Bisnis Peternakan Ayam Potong Bagi Pemula

Tags
Bagaimana cara bisnis peternakan ayam potong bagi pemula itu ? Pertanyaan ini memang kerap kita dengar, pasalnya bisnis ternak ayam akhir - akhir ini banyak dibidik namun ilmu tentang usaha ternak ayam itu masih belum banyak disampaikan kepada masyarakat. Usaha peternakan pada saat ini merupakan salah satu trobosan baru bagi para pembisnis untuk menambah income.

Tak hanya bisa dijadikan sebagai usaha sampingan, usaha ternak saat ini mampu diandalkan untuk memenuhi kebutuhan sehari - hari apabila dijalankan dengan sungguh - sungguh. Sebagian orang ada yang mengeluhkan tidak mempunyai cukup lahan untuk menjalankan usaha ternak, padahal sebenarnya ada banyak usaha ternak menguntungkan di lahan sempit.

Kembali ke topik pembahasan yaitu ternak ayam potong, bagaimana cara pemeliharaannya agar bisa berhasil sukses menjadi peternak ayam ? Untuk menjawab pertanyaan ini kami akan tuliskan beberapa tips sederhana yang biasa dilakukan oleh para peternak pemula untuk menjalankan bisnisnya, silakan disimak hingga selesai.
Bisnis Peternakan Ayam Potong


Bisnis Peternakan Ayam Potong Bagi Pemula


Pada saat ini ayam potong merupakan salah satu dari berbagai macam hewan ternak yang menguntungkan. Sebelum menjalankan ternak ayam, coba kita lihat terlebih dahulu kebutuhan konsumen terhadap ayam potong. Ketika kita amati di pasar ternyata hampir semua konsumen butuh daging ayam untuk melengkapi menu  makanannya. Kebutuhan daging ayam yang cukup banyak tanpa diimbangi bertambah banyaknya peternak ayam membuat harga daging ayam melejit hingga 40.000 perkilo nya. Ini adalah sebuah peluang yang sayang jika harus disia - siakan.

Untuk menghantarkan kesuksesan bisnis peternakan ayam potong Anda harus mempunyai dasar yang benar dalam pemeliharaan hewan ternak ini. Di bawah ini akan sedikit kami tuliskan tips sederhana yang perlu dilakukan oleh pemula untuk memulai bisnis ternaknya..

Bisnis Peternakan Ayam Potong


Ada beberapa hal yang tidak boleh Anda abaikan dalam menjalankan usaha peternakan. Walaupun hanya kelihatan sepele namun jika diremehkan terkadang menjadikan sebuah penghalang yang menyandung suksesnya bisnis Anda. Untuk itu perhatikan beberapa tips berikut ini sebelum terjun ke dalam dunia bisnis peternakan ayam..

Kandang Ayam


Pembuatan kandang diusahakan bisa nyaman, ideal dan sehat bagi ayam. Buatlah kandang dengan ukuran sesuai dengan jumlah ayam yang akan Anda pelihara, jangan terlalu sempit karena ayam tidak akan merasa nyaman. Atur suhu ruangan dengan baik, tidak terlalu dingin dan tidak terlalu panas. Tak hanya suhu ruangan yang baik, Anda perlu memasukkan sinar matahari pagi untuk menjaga kesehatan ayam tetap baik serta mengatur sedemikian rupa agar kandang tidak pengap.

Makanan dan Minuman


Sediakan peralatan makan dan minum ayam sesuai dengan jumlahayam yang Anda ternak, akan lebih baik jika ayam tidak terlalu berebut saat makan gara - gara kurang tempat. Perhatikan makanan dan minuman dengan baik, jangan sampai terlambat dalam memberi makan dan minum. Saat anak ayam masih berusia kurang dari dua minggu Anda harus lebih memberikan perhatian khusus, termasuk dalam hal pemberian makanan yang bergizi.

Pencegahan Penyakit


Bisnis peternakan ayam potong tidak lepas dari ancaman hama dan penyakit. Untuk mencegah datangnya penyakit di kemjudian hari, Anda bisa memberikan suntikan vaksin yang bisa Anda dapatkan dari dinas peternakan setempat. Kebersihan kandang dan peralatan makanaan dan minuman juga hrus terus dikontrol karena bisa menjadi sarang bibit penyakit jika dibiarkan dalam keadaan kotor.

Pemberian Suplemen


Agar ayam yang Anda pelihara tetap sehat, kuat dan dapat tumbuh berkembang dengan baik Anda perlu memberikan suplemen makanan. Anda dapat membeli suplemen makanan ayam di toko pakan ayam terdekat atau dengan memberikan jenis pakan ayam memiliki nilai gizi. Dengan demikian ayam pedaging yang Anda rawat diharap bisa dipanen sesuai dengan target yang telah direncanakan.

Bisnis Peternakan ayam potong saat ini memang pantas untuk dibidik mengingat semakin banyaknya kebutuhan masyarakat akan daging ayam. Jangan pernah ragu untuk memulai sebuah usaha karena tanpa dimulai bisnis tidak akan berjalan, hanya sebatas angan saja.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Komentar dengan link hidup secara otomatis akan dimatikan