Ternak Menguntungkan di Lahan Sempit Modal Kecil

Tags
Ternak menguntungkan di lahan sempit - Pengangguran yang semakin meningkat ari tahun ke tahun menuntut kita untuk pandai - pandai mencari celah usaha. Jika kita hanya mengandalkan ingin menjadi PNS (Pegawai Negeri Sipil) rasanya semakin berat saja. Caba bandingkan berapa pegawai yang dibutuhkan oleh Negara dan orang yang berkeinginan menjadi PNS, tentu Anda akan menjumpai perbandingan yang sangat jauh.

Bekerja di sebuah perusahaan mungkin bisa Anda bidik, tapi lagi - lagi perlu Anda analisa berapa perusahaan yang ada di Negara kita dan berapa orang yang ingin bekerja. Belum lagi persyaratan yang dibuat oleh perusahaan semakin hari semakin sulit saja, ada ini lah, ada itu lah dan ribet pokoknya. Usaha peternakan adalah sebuah trobosan baru yang cukup elok bagi Anda para wirausahawan yang saat ini akan membidik sebuah usaha baru.

Saat hati mulai mantap untuk membidik usaha ternak terkadang kita terbayangkan akan lokasi yang tidak cukup luas, apalagi jika Anda hidup di daerah perkotaan. Perlu anda ketahui bahwa niat mantap tanpa keraguan adalah modal utama yang harus dimiliki oleh wirausahawan untuk menggapai cita - cita sukses. Lalu bagaimana caranya agar rencana bisa terwujud ? yaitu memilih usaha ternak yang bisa dijalankan di lahan sempit.
Ternak Menguntungkan di Lahan Sempit Modal Kecil

Ternak Menguntungkan di Lahan Sempit


Jika memelihara hewan ternak hanya sebagai hobi, mungkin tidak memerlukan banyak tempat karena hanya memelihara beberapa saja. Akan tetapi jika Anda benar - benar membidik usaha peternakan mestinya tidak hanya sedikit yang akan Anda pelihara agar keuntungan melimpah. Apabila saat ini Anda terkendala dengan lahan sempit maka ingat !!

"lahan sempit bukan penghalang usaha Anda, lahan sempit bisa dioptimalkan dalam mencapai profit yang diharapkan" Setelah niat sudah mantap cobalah untuk membidik jenis usaha ternak yang bisa dijalankan dalam lahan sempit agar hasilnya bisa maksimal. Pada kesempatan kali ini kami akan coba tuliskan beberapa contoh usaha ternak menguntungkan di lahan sempit untuk membantu Anda dalam menentukan jenis usaha ternak yang akan Anda jalankan.

➥ Ternak Puyuh


Ternak puyuh bisa Anda bidik sebagai usaha sampingan atau usaha pokok meskipun Anda hanya mempunyai lahan sempit. Hanya dengan memiliki lahan ukuran 2 X 2 saja Anda sudah bisa menjalankan usaha ternak puyuh. Bagaimana caranya ? yaitu dengan membuat kandang puyuh bentuk baterai dan dibuat bertingkat - tingkat.

Untuk menggali ilmu lebih dalam silakan Anda survei ke tempat peternakan burung puyuh di sekitar Anda yang menggunakan sistem kandang batere. Pemeliharaan burung puyuh terbilang mudah , kuncinya hanyalah pemberian pakan secara rutin dan kebersihan kandang. Setelah burung puyuh mulai produksi Anda bisa menjual telur - telur puyuh ke pengepul telur atau langsung pada konsumen.

Memang kebutuhan telur puyuh tidak sebesar kebutuhan telur ayam, namun telur puyuh semakin hari semakin populer dan banyak dibuat sebagai makanan olahan yang cukup diminati. Untuk itu, jika lokasi yang anda miliki hanya sempit Anda bisa menjalankan usaha ternak burung puyuh dengan santai tapi hasilnya bisa diandalkan.

➥ Ternak Lele


Ternak lele merupakan salah satu usaha ternak yang menjanjikan dengan modal kecil dan bisa dijalankan di lahan sempit. Coba perhatikan kebutuhan lele saat ini, semakin hari semakin meningkat saja. Mulai dari rumah makan hingga rumah tangga semua membutuhkan ikan lele untuk diolah sebagai bahan lauk.

Peluang ini jangan Anda sia - siakan untuk meraup keuntungan yang sebesar - besarnya. Bagaimana jika lahan yang kita punya tidak begitu luas ? tenang saja, karena budidaya lele termasuk ternak menguntungkan dan di lahan sempit pun bisa dijalankan. Caranya adalah dengan menggunakan terpal sebagai kolam.

baca : budidaya ikan lele dengan terpal 

➥ Ayam aduan/ ayam hias


Jangan pernah mengabaikan usaha ternak ayam hias dan ayam aduan. Meskipun sekarang ini adu jago dilarang oleh pemerintah karena sangat berpotensi untuk perjudian namun jangan salah menganalisa. Para pecinta ayam aduan memelihara ayam aduan bukan hanya untuk diadu di kalangan  melainkan karena hobinya ya itu.

Fakta yang kami lihat di daerah kami menunjukkan bahwa para pecinta ayam aduan rela mengeluarkan banyak uang hanya untuk menyalurkan hobinya. Coba lihat pasaran ayam aduan yang dipampang di pasar online, di situ terlihat harga ayam aduan membumbung tinggi dan jauh berbeda dengan ayam biasa. Oleh sebab itu Anda bisa membudidayakan ayam aduan untuk dijalankan di lahan yang sempit.

Itulah contoh usaha ternak yang menjanjikan dengan modal kecil yang bisa Anda pilih sebagai usaha sampingan atau usaha pokok. Semoga tulisan sederhana ini menginspirasi.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Komentar dengan link hidup secara otomatis akan dimatikan