Budidaya Kambing Gembel Mudah Simple Sukses

Tags
Budidaya kambing gembel pada saat ini masih menjadi sebuah peluang usaha yang cukup menjanjikan, pasalnya hewan ternak yang satu ini sangat mudah untuk dipelihara dan banyak konsumen yang membutuhkannya. Berbeda dengan jenis kambing lainnya, kambing gembel mempunyai bentuk tubuh yang tidak terlalu besar dan bulu yang tebal sehingga dapat menyesuaikan diri dimanapun dia berada.

Untuk mendapatkan hasil sesuai dengan harapan, dibutuhkan sebuah keuletan dalam menjalankan bisnis ini karena usaha peternakan itu tak mungkin bisa berjalan dengan baik apabila tidak dijalankan dengan telaten, ulet dan sabar. Mulai dari pemberian pakan, kebersihan kandang, pencegahan terhadap segala macam penyakit dan lain - lain harus Anda lakukan dengan penuh sabar dan telaten.

Ternak kambing gembel yang dijalankan dengan sederhana sebenarnya sudah bisa memberikan keuntungan karena kambing gembel merupakan salah satu diantara macam macam hewan ternak yang mudah dipelihara, akan tetapi jika Anda mau menjalankannya cara modern hasil yang diperoleh akan lebih maksimal. Untuk lebih jelasnya silakan lanjutkan membaca artikel berikut ini :)

Budidaya Kambing Gembel


Budidaya Kambing Gembel Cara Sederhana


Untuk menjalankan peternakan kambing gembel dengan cara sederhana Anda tidak membutuhkan banyak keahlian, yang penting kambing diberi rumput dan minum seadanya lama kelamaan kambing akan tumbuh dan berkembang dengan baik. Jika ada banyak tempat gembalaan di tempat Anda, kambing gembel bisa Anda gembalakan seharian dan pulang waktu sore. Dengan pemeliharaan seperti itu kambing jenis ini sudah bisa tumbuh dengan baik.

Budidaya kambing gembel dengan cara sederhana ini masih banyak dilakukan oleh masyarakat pedesaan yang umumnya menjadikan ternak kambing hanya sebagai sambilan saja. Meski sederhana namun jangan menyepelekan sistem ini karena banyak diantara mereka yang cukup banyak mendapatkan keuntungan dari kambing gembelnya.

Walaupun dipelihara sekedarnya kambing ini tetap bisa bertahan hidup dan beranak pinak dengan cepat sehingga sang peternak tetap mendapatkan keuntungan dari kambing gembelnya yang semakin bertambah banyak.

Keuntungan Budidaya Kambing Gembel Sederhana


Banyak keuntungan yang bisa diperoleh dengan menerapkan sistem peternakan sederhana, antara lain adalah sebagai berikut :


  • Irit biaya
  • Tidak banyak memakan waktu pemeliharaan
  • Bisa dijalankan dengan mudah
  • Tidak banyak memerlukan keahlian
  • Bisa dijadikan sebagai usaha sampingan yang menjanjikan
  • Keuntungan cukup banyak
  • Dan lain - lain


Jika Anda ingin menjalankan sistem pemeliharaan sederhana, sebaiknya Anda lihat dulu lokasi sekitar, apakah masih banyak rumput atau tidak ? ada lahan untuk mengembala atau tidak ? agar tidak menyesal di kemudian hari.

Budidaya Kambing Gembel Cara Modern


Berbeda dengan pemeliharaan sederhana, dalam menjalankan peluang usaha ternak kambing secara modern ini Anda membutuhkan lebih banyak biaya, waktu dan keahlian. Tak hanya biaya pembelian bibit yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis ini, namun memerlukan biaya untuk pakan, suplemen, komboran, pencegahan penyakit dan lain - lain.

Beberapa hal yang perlu Anda lakukan jika mau menjalankan usaha budidaya kambing gembel cara modern adalah sebagai berikut :)

Kandang Kambing


Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk menjalankan bisnis ini adalah menyiapkan kandang yang baik. Kandang yang baik adalah kandang yang longgar, bersih tidak pengap dan mendapatkan sinar matahari pagi. Jangan menempatkan kambing terlalu banyak pada kandang sempit karena sangat beresiko pada kesehatan kambing.

Pemilihan Bibit Kambing


Selanjutnya Anda membutuhkan bibit kambing yang baik agar bisa tumbuh dengan cepat. Ingat ! Anda menjalankan peternakan ini dengan uang, termasuk dalam urusan makan. Jika bibit kambing yang Ada pilih tidak baik dan perkembangannya lambat, Anda tidak akan mendapat keuntungan karena biaya pakan semakin lama semakin banyak.

Pemberian Pakan


Budidaya kambing gembel dengan cara modern memungkinkan Anda untuk lebih ringan dalam pengadaan pakan. Tak perlu susah susah ngarit (mencari rumput) kesana kemari, anda cukup membuat ransum pakan kambing dengan menggunakan sistem fermentasi. Pakan kambing bisa dibuat dengan menggunakan debog (pohon pisang), jerami kering, kulit singkong dan lain sebagainya.

Pemberian Makanan Tambahan


Agar pertumbuhan kambing berjalan dengan baik, kambing perlu makanan tambahan yaitu komboran yang terbuat dari campuran berbagai macam makanan bergizi seperti polar, dedak, tepung dan lainnya. Untuk mendapatkannya, Anda tak perlu repot - repot membuat sendiri karena sudah banyak tersedia di toko pakan ternak.

Perawatan Kambing Gembel


Tak cukup hanya diberi makan saja, kambing gembel yang Anda pelihara harus mendapatkan perawatan dengan baik. Usahakan untuk memberi pakan tepat waktu dan jangan sampai telat. Kebersihan kandang harus selalu terjaga dengan baik untuk mencegah datangnya bibit penyakit. Dan kambing harus segera diobati apabila terkena penyakit.

Demikian cara budidaya kambing gembel yang dapat dilakukan dengan mudah. Semoga penjelasan singkat di atas bermanfaat

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Komentar dengan link hidup secara otomatis akan dimatikan