Budidaya Lele Dumbo agar Cepat Besar

Tags
Bagaimana cara budidaya lele dumbo aga cepat besar ? Pertanyaan ini kerap dilontarkan oleh para pengusaha perikanan karena jenis lele dumbo saat ini lebih banyak dipilih oleh para peternak lele untuk mengembangkan bisnisnya. Pada saat ini usaha perikanan lele masih termasuk jenis usaha yang banyak diminati, pasalnya usaha konsumsi masyarakat terhadap ikan lele hingga sekarang masih sangat tinggi.

Sebenarnya peternakan ikan lele bisa dilakukan dengan mudah, namun perlu kesabaran, ketlatenan serta segenap ilmu mengenai cara perawatan ikan yang baik dan benar. Dengan tekat yang kuat serta keahlian yang mumpuni dalam menjalankan bisnis peternakan lele, insy@ usaha peternakan yang akan Anda jalankan bisa berjalan dengan lancar dan berhasil.
Budidaya Lele Dumbo

Budidaya Lele Dumbo


Salah satu jenis ikan lele yang saat ini banyak dikembangkan oleh para peternak adalah lele dumbo (Clarias gariepinus). Konon kabarnya jenis lele ini berasal dari afrika dan mulai didatangkan ke negara kita pada tahun 1984. Ada beberapa ciri yang membedakan ikan lele dengan ikan lainnya, atara lain
  • Bentuknya besar, panjang dan pipih
  • Kepala ikan terlihat besar
  • Tidak memiliki sisik 
  • Punya kumis panjang

Usaha peternakan lele akan terasa lebih menguntungkan jika berhasil panen dalam waktu singkat, pertumbuhan ikan sempurna dan harga jual ikan tidak bobrok. Dari ketiga hal tersebut ternyata semua ada pada budidaya lele dumbo. Salah satu keunggulan lele dumbo adalah perkembangannya cepat mengalahkan jenis lele lokal.

Kelebihan Lele Dumbo


Beberapa kelebihan dari lele dumbo antara lain adalah sebagai berikut :

  • Dapat tumbuh berkembang dengan cepat
  • Adaptasi terhadap lingkungan cepat
  • Mengandung banyak gizi
  • Rasanya nikmat, gurih dan enak
  • Harganya terjangkau oleh hampir semua kalangan masyarakat
  • Perawatan mudah


Lele dumbo dapat dipelihara dengan mudah, tak harus mempunyai keahlian khusus untuk dapat menjalankan usaha budidaya lele dumbo. Untuk pembibitan lele, Anda bisa langsung beli dari para penjual bibit ikan atau menangkarkan sendiri. Jika Anda ingin membuat bibit lele sendiri, sebaiknya indukan yang dipilih adalah ikan lele ynag berumur minimal 2 tahun.

Untuk membedakan mana lele jantan dan betina, Anda bisa melihat ciri - cirinya sebagai berikut :

  1. Lele jantan : bentuk tubuhnya cenderung lebih panjang serta bentuk kloaka memanjang
  2. Lele betina : Bentuk tubuhnya cenderung lebih pendek serta bentuk kloaka bulat


Bagaimana Cara Budidaya Lele Dumbo Agar Cepat Besar ?


Untuk menjalankan usaha ini, Anda harus memulai langkah demi langkah, tak usah terburu - buru, pelan tapi pasti. Berikut ini adalah hal yang perlu Anda lakukan dalam menjalankan budidaya lele :

1. Pembuatan Kolam


Kolam adalah persiapan pertama yang harus Anda lakukan jika ingin menjalankan usaha peternakan ikan, karena kolam merupakan tempat dimana ikan - ikan tersebut tumbuh dan berkembang. Sebaiknya kolam diisi dengan  jumlah lele yang sesuai, jangan terlalu banyak menebar bibit lele pada kolam sempit karena bisa menyebabkan kematian.

Jika Anda membuat kolam tanah, sebaiknya jangan langsung diberi air tapi biarkan dulu kira - kira 3-5 hari. Setelah itu taburi kolam dengan kapur per meter 100 gram dan pupuk kandang per meter 700 gram dan  biarkan dulu selama beberapa hari tanpa air. Setelah itu, beri air sedikit dan biarkan satu minggu. Berikutnya tambahkan air bersih pada kolam itu paling tidak hingga kedalaman 1 meter. Biarkan beberapa hari dan siap ditebari bibit.
baca juga : kiat sukses budidaya lele

2. Bibit Lele


Agar budidaya lele dumbo yang anda jalankan bisa berjalan dengan lancar, sebaiknya pilih bibit lele dumbo berkualitas. Bibit bisa Anda peroleh dengan cara beli atau dengan menangkarkan sendiri. Ketika mau menebar benih sebaiknya disortir terlebih dahulu, jangan mencampur bibit lele yang ukurannya kecil dengan bibit lele berukuran besar.

3. Pakan Lele


Pemberian pakan berkualitas adalah kuci utama perkembangan lele. Dengan pemberian pakan lele yang baik dan berkualitas pertumbuhan ikan lele akan terlihat lebih cepat daripada diberi pakan seadanya. Anda tak perlu bingung memilih pakan yang akan Anda berikan kepada ikan lele. Tinggal beli ke toko makanan ternak semua sudah lengkap.

4. Penyakit Lele


Penyakit yang sering kali dijumpai pada lele dumbo adalah bintik putih (Ichthyopthirius multifiliis). Untuk mencegah peyakit ini, Ada perlu mempersiapkan kolam dengan baik, yaitu dengan menerapkan praktek di atas. Adapun cara untuk menyembuhkan lele yang sudah terserang penyakit Ichthyopthirius multifiliis sampai sekarang masih belum pasti.

5. Panen Lele


Waktu yang dibutuhkan untuk budidaya lele dumbo hingga panen adalah tiga bulan. Adapun hasil yang diperoleh setelah pemeliharaan selama tiga bulan itu berbeda - beda. Lele yang dapeihara dengan baik dan diberi cukup makanan bergizi tentu perkembangannya akan jauh lebih baik dibandingkan ikan lele yang kurang mendapat perawatan.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Komentar dengan link hidup secara otomatis akan dimatikan