Manfaat Budidaya Ikan Lele Organik Keuntungan Berlipat

Tags
Manfaat budidaya ikan lele organik - Ikan lele saat ini sangat diminati oleh masyarakat, buktinya para penjual ikan setiap hari lelenya ludes terjual. Minat masyarakat terhadap ikan lele memang sudah sepantasnya karena ikan yang satu ini mempunyai rasa yang cukup gurih dan mengandung banyak nutrisi.

Dengan semakin banyaknya permintaan konsumen terhadap ikan lele, para peternak ikan mulai banyak melakukan eksperimen dalam pemeliharaan ikan lele dengan harapan lele yang dihasilkan berkuailtas baik dan tak banyak mengeluarkan biaya perawatan. Salah satu cara yang dilakukan dalam pemeliharaan ikan lele adalah dengan cara pemberian pakan organik.

Yang dimaksud dengan budidaya lele organik disini adalah sistem pemeliharaan lele dengan memanfaatkan mikroorganisme positif yang mampu mendongkrak tumbuh kembang lele dengan sempurna. Ada banyak manfaat yang diperoleh dengan metode pemeliharaan lele salah satunya adalah untuk menekan biaya pakan.

Manfaat Budidaya Ikan Lele Organik


Manfaat Budidaya Ikan Lele Organik


Pemeliharaan lele dengan sistem organik mempunyai banyak keuntungan, antara lain adalah sebagai berikut :
baca juga : budidaya lele dumbo agar cepat besar

Hemat Biaya


Dengan menggunakan sistem budidaya organik, peternak lele akan lebih irit dalam hal pakan dan pemeliharaan. Dalam hal pakan, budidaya lele organik bisa menekan biaya hingga 50 persen karena pakan lele banyak tercukupi dengan mikroorganisme yang dikembangkan dari berbagai macam bahan organik yang telah diproses sedemikian rupa.

Memeperkecil Prosentase Kematian


Manfaat budidaya ikan lele organik berikutnya adalah bisa menekan prosentase kematian lele karena di dalam kolam lele banyak terdapat phytoplankton aktif yang bisa menekan berkambangnya bibit penyakit dalam kolam. Semakin sedikit lele yang mati, maka semakin besar keuntungan yang bisa didapat dari hasil peternakan.

Irit Air


Phytoplankton yang terdapat dalam kolam akan bekerja secara aktif untuk mengubah unsur non organik menjadi organik. Dengan demikian, air dalam kolam tak perlu untuk diganti karena air kolam banyak mengandung bahan makanan lele.

Minim Kimia


Dilihat dari namanya saja sudah bisa disimpulkan bahwa budidaya lele organik itu lebih mini terhadap kandungan bahan kimia karena pakan lele banyak didapat dari phytoplankton.
Selain itu ada manfaat budidaya ikan lele oraganik lainnya seperti


  • Kolam tidak mengeluarkan bau tak sedap
  • Kualitas air kolam meningkat
  • Sangat mudah untuk dijalankan
  • Sehabis dipanen, air kolam bisa digunakan sebagai pupuk tanaman
  • Daging lele lebih terasa gurih
  • dan lain - lain.


baca juga : usaha perikanan lele kolam terpal
Sebelum Anda menjalankan budidaya lele sebaiknya cari tahu dulu informasi seputar peternakan lele, termasuk cara membudidayakan lele dengan cara organik sehingga usaha peternakan yang Anda jalankan benar - benar bisa menghasilkan pemasukan tambahan untuk menopang ekonomi keluar. Dengan semangat yang kuat, ilmu yang mumpuni serta modal yang cukup, usaha Anda pasti membuahkan hasil.

Demikian informasi seputar manfaat budidaya ikan lele oraganik dengan keuntungan berlipat. Semoga dengan sedikit uraian di atas bisa menambah inspirasi usaha yang akan Anda jalankan.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Komentar dengan link hidup secara otomatis akan dimatikan