Peluang Usaha Ternak Kambing yang Menguntungkan

Tags
Peluang usaha ternak kambing - Hobi memelihara binatang tidak hanya bisa dijadikan sebagai penghibur hati belaka, akan tetapi bisa jadi sebagai sumber penghasilan tambahan. Salah satu hewan peliharaan yang mampu menambah penghasilan adalah kambing dengan berbagai macam jenisnya. Beternak kambing tergolong sangat mudah dan tak memerlukan banyak biaya karena biaya pakannya tak begitu mahal.

Berbeda dengan usaha perikanan lele yang membutuhkan modal pakan cukup banyak, ternak kambing biaya pakan bisa lebih ditekan dengan menggunakan pemberian rumput hijau yang telah difermentasi. Kambing termasuk hewan yang sangat mudah beradaptasi sehingga dapat berkembang dengan cepat dimanapun ia berada.

Ternak kambing pada dasarnya ada dua jenis, yaitu ternak kambing untuk diambil dagingnya dan ternak kambing untuk mendapatkan anaknya. Untuk lebih jelasnya silakan simak penjelasan singkat berikut ini

Peluang Usaha Ternak Kambing

Peluang Usaha Ternak Kambing


Dari sekian banyak macam macam hewan ternak, peternakan kambing akhir - akhir ini semakin banyak diminati oleh masyarakat, pasalnya kebutuhan masyarakat akan daging kambing semakin hari kian meningkat. Mulai dari acara aqiqoh, acara qurban, pembuatan sate, gule dan makanan lain yang banyak dijual di pasaran. Semakin banyaknya permintaan masyarakat akan daging kambing menciptakan sebuah peluang bisnis yang tak boleh Anda sia - siakan.

Untuk mendapatkan keuntungan dari beternak kambing ada dua hal yang harus segera Anda tentukan. Apakah Anda membidik peluang usaha ternak kambing untuk diambil dagingnya atau untuk diambil anaknya. Yang pasti semuanya bertujuan untuk menambah penghasilan Anda guna memenuhi kebutuhan sehari - hari.

Ternak Kambing Jantan


Beternak kambing jantan saat ini mulai dibidik oleh para pelaku bisnis. Selain mudah dan lebih irit pakan, perputaran uang untuk ternak kambing jantan akan lebih cepat daripada kambing betina. Dengan periode pemeliharaan 4 hingga 5 bulan, kambing jantan sudah bisa Anda jual dengan keuntungan yang lumayan.

Agar pemeliharaan kambing tidak memerlukan banyak biaya, Anda bisa menerapkan pemberian pakan hijauan dicampur dengan bahan lain yang telah diproses melalui fermentasi. Dengan cara ini gizi yang terkandung dalam pakan kambing bisa lebih cepat diserap sehingga kambing akan menjadi gemuk dalam waktu yang singkat.

Selain makanan pokok, kambing juga memerlukan makanan tambahan yang disajikan dalam wujud komboran. Makanan tambahan tersebut bisa berupa bekatul, polar maupun lainnya yang telah dicampur dengan konsentrat. Dalam pemberian pakan supaya diusahakan tidak sampai telat karena kambing bisa gelisah bahkan bisa menimbulkan munculnya penyakit.

Ternak Kambing Betina


Peluang usaha ternak kambing tidak hanya terfokus pada kambing jantan saja, akan tetapi kambing betina juga bisa dijadikan sebagai sumber tambahan penghasilan. Caranya adalah dengan memelihara induk kambing lalu diambil anaknya sebagai bibit unggul yang bisa dijual dengan harga mahal. Untuk mendapatkan bibit unggul, Anda perlu memelihara indukan yang unggul dengan pejantan yang unggul pula.

Cara pemeliharaan kambing betina dan kambing jantan pada dasarnya adalah sama. Dengan pemberian pakan berkualitas, kebersihan kandang terjamin dan pemberian komboran berkualitas ternak kambing yang Anda kelola akan berkembang dengan cepat dan membuahkan hasil yang maksimal. Untuk mendapatkan penjelasan lebih detil tentang penyakit yang sering menyerang kambing serta cara penanganannya silakan langsung datang ke dinas peternakan setempat.

Peluang usaha ternak kambing yang menguntungkan adalah ternak kambing yang dijalankan dengan ulet, telaten dan penuh kesabaran. Jika Anda berminat untuk mengembangkan usaha peternakan kambing tunggu apalagi, silakan langsung saja dijalankan.. 

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Komentar dengan link hidup secara otomatis akan dimatikan