Ternak yang Menguntungkan dalam Waktu Singkat

Tags
Ternak yang menguntungkan dalam waktu singkat - Usaha ternak adalah sebuah peluang usaha yang cukup diminati oleh masyarakat di tanah air kita. Mulai dari masyarakat yang hidup di daerah perdesaan hingga yang hidup di daerah perkotaan banyak yang membidik peluang usaha ini untuk mendapatkan pundi - pundi rupiah.

Seiring dengan perkembangan zaman, para peternak tidak lagi menggunakan cara sederhana untuk melancarkan bisnisnya tapi sudah menerapkan kecanggihan teknologi sehingga ada dari beberapa jenis usaha ternak yang bisa diharapkan keuntungannya tanpa harus menunggu waktu yang lama. Berbeda dengan zaman dulu yang umumnya harus menunggu waktu yang lama untuk dapat menikmati hasil dari usahanya.

Contohnya saja usaha ternak ayam pedaging, dengan menggunakan cara modern, pakan bergizi tinggi dan obat - obatan yang telah diramu sedemikian rupa akhirnya ayam bisa dipelihara hanya dalam waktu yang cukup singkat. Hanya butuh waktu sekitar 40 hingga 50 hari ternak ayam yang dijalankan sudah bisa dipetik hasilnya. Untuk melihat gambaran usaha ternak yang bisa dijalankan dalam waktu singkat kami akan mengulasnya pada artikel ini.

ternak-yang-menguntungkan-dalam-waktu-singkat
image from pixabay

Ternak yang Menguntungkan dalam Waktu Singkat


Jika saat ini Anda belum menjalankan usaha peternakan dan baru akan memulainya, ada baiknya Anda bidik dulu usaha ternak apa yang cocok dijalankan di daerah Anda, mudah dijalankan dan dapat menghasilkan keuntungan dalam waktu singkat. Berikut ini adalah beberapa contoh usaha ternak yang bisa Anda pilih..

1. Ternak Kelinci Pedaging


Di sebagian daerah, ternak kelinci pedaging masih jarang dibidik karena berbagai macam alasan. Justru itu adalah sebuah peluang besar yang menawarkan Anda segudang keuntungan. Memang haraga kelinci pedaging itu tak semahal kelinci hias, namun perawatannya lebih mudah dan perkembangannya lebih cepat. Keuntungan yang di dapat dari ternak kelinci bisa dinikmati dalam waktu singkat karena perkembang biakan kelinci sangat cepat, kurang lebih 3 bulan kelinci sudah beranak dan anak yang dihasilkan dari satu indukan bisa mencapai 8 - 10 ekor.

Untuk menjalankan ternak kelinci pedaging Anda harus memperhatikan beberapa hal agar berjalan dengan baik sesuai dengan harapan, antara lain adalah sebagai berikut :


  • Pemberian pakan berupa rumput yang berkualitas
  • Kandang kelinci nyaman dihuni
  • Kebersihan kandang selalu terjaga dengan baik
  • Sekali waktu beri suplemen makanan


Dengan menerapkan beberapa hal di atas ternak kelinci bisa dijadikan sebagai usaha ternak yang menguntungkan dalam waktu singkat. Untuk menjalankan bisnis ini Anda bisa memulai dalam jumlah kecil maupun besar sesuai dengan keinginan, yang penting anda mampu dan tahu ilmu tentang pemeliharan kelinci yang baik dan benar.

2. Ternak ikan hias


Bisnis menguntungkan terkadang sudah berada di depan mata, namun kita tidak menyadarinya. Sebut saja bisnis ternak ikan hias, siapa sangka ternyata bisnis ini cukup gurih dengan keuntungan tak terkira. Jenis ikan hias yang bisa Anda ternak antara lain adalah ikan koi, ikan cupang, ikan badut dan ikan arwana. Jenis ikan hias yang banyak diminati orang dan harganya cukup mahal adalah ikan arwana, jadi Anda bisa membidiknya dalam menjalankan bisnis ini.

Jika dibanding dengan ternak ikan untuk dikonsumsi, ternak ikan hias jauh lebih banyak untung karena pakan yang dibutuhkan tidak terlalu banyak. Akan tetapi dalam menjalankan bisnis ini Anda harus jeli, terutama dalam hal menanggulangi penyakit ikan dan dalam hal penjualan ikan hias. Untuk itu sebelum Anda benar benar memutuskan untuk memilih jenis ternak ikan hias, siapkan dulu ilmunya.

3. Ternak ayam pedaging


Ayam pedaging bisa Anda pilih sebagai jenis ternak menguntungkan dalam waktu singkat. betapa tidak, dalam jangka waktu satu bulan, ayam pedaging sudah bisa dijual dengan kisaran harga cukup mahal. Ketika Anda memutuskan untuk menjalankan bisnis ini, persiapan awal yang harus Anda miliki adalah ilmu pemeliharan ayam. Mengapa demikian ? karena jenis ayam pedaging yang akan Anda pelihara adalah jenis ayam yang tak terlalu tahan dengan serangan penyakit. Pemberian pakan pun harus diatur sedemikian rupa agar pertambahan berat ayam sesuai dengan target yang diharapkan.

Kebersihan kandang, pemberian pakan bermutu, pencegahan dari serangan penyakit adalah faktor yang cukup penting dalam keberhasilan bisnis ini. Soal pemasaran Anda tak perlu khawatir karena banyak pedagang ayam yang mau menerima hasil ternak Anda, apalagi kalau Anda memilih untuk bermitra dengan perusahaan peternakan ternama, penjualan sudah diurusi oleh perusahaan.

Itulah tiga contoh ternak menguntungkan dalam waktu singkat yang dapat kami share. Peluang usaha yang menunggu kita sangat banyak, namun kita perlu resep usaha yang tepat dan berdaya guna agar semua usaha yang kita bidik benar benar menghasilkan untung melimpah dan barokah.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Komentar dengan link hidup secara otomatis akan dimatikan