Akibat Kebanyakan Makan Mie Instan Ternyata Berbahaya

Kebanyakan makan mie instan ternyata dapat mengakibatkan masalah kesehatan yang tidak bisa dianggap sepele. Apabila dimakan dalam porsi wajar dan tidak terlalu sering, efek buruk mie instan tergolong kecil dengan syarat dimasak dengan cara yang benar. Akan tetapi, konsumsi mie terlalu sering berdampak buruk bagi kesehatan karena kandungan zat kimia di dalamnya.

Sebenarnya mie instan itu mengandung karoobhidrat yang cukup banyak, yaitu setara dengan nasi, akan tetapi yang perlu diwaspadai adalah kandungan zat kimia yang terdapat di dalam bumbu dan mie instan itu.

Sang Kholiq memang telah membekali tubuh manusia dengan sebuah kekuatan yang dapat menghalau zat zat tertentu yang kurang menguntungkan bagi kesehatan, akan tetapi jika tubuh terlalu banyak mengkonsumsi zat berbahaya maka kesehatan pun akan terganggu.

akibat-kebanyakan-makan-mie-instan
image from pixabay

Akibat Kebanyakan Makan Mie Instan


Perlu Anda ketahui bahwa mie instan itu memiliki kandungan zat yang diperlukan oleh tubuh dan juga mengandung zat yang membahayakan kesehatan tubuh. Maka dari itu, makan mie instan dalam jumlah wajar tidak lah berbahaya, namun jika kebanyakan maka bahaya mengancam. Berikut ini adalah beberapa resiko yang mungkin terjadi jika seseorang terlalu banyak makan mie instan :

1. Memperbesar resiko kanker


Dari sekian banyak mie instan yang dijual di pasaran ada yang menggunakan bahan styrofoam. Bahan tersebut akan larut ketika terkena air panas, dan tahukah Anda ? ternyata styrofoam jika terlalu banyak masuk ke dalam tubuh manusia maka bisa memicu tumbuhnya sel kanker. memang tidak semua mie instan menggunakan bahan styrofoam, namun Anda tetap harus waspada.

2. Menyebabkan gangguan pencernaan


Gangguan pencernaan bisa saja terjadi jika Anda terlalu sering makan mie instan, hal ini disebabkan karena sebagian dari mie instan ada yang menggunakan propelene glycol, zat pewarna dan pengawet. Sekilas memang mie dapat digunakan untuk mengganjal perut dan menghilangkan rasa lapar, namun terkadang pencernaan justru malah terganggu.

3. Kurang baik bagi kehamilan


Akibat terlalu banyak makan mie instan bagi ibu hamil ternyata kurang baik bagi janin, pasalnya janin dalam kandungan masih sangat sensitif terhadap zat kimia. Makan mie instan saat hamil bukan berarti tidak boleh, sebenarnya boleh tapi sebaiknya jangan terlalu banyak dan jangan terlalu sering. Selain itu, ibu hamil perlu memperhatikan cara mie instan yang benar serta tidak dicampur dengan bahan yang dapat membahayakan kehamilan.

4. Beresiko mengalami obesitas


Orang yang sering makan mie instan akan mendapati resiko obesitas atau kelebihan berat badan, pasalnya kandungan kalori di dalam mie tergolong cukup tinggi, apalagi kalau dimakan bersama dengan nasi. Penjelasan lebih detil mengenai makan mie bersama nasi bisa Anda baca bahaya makan mie instan pakai nasi, Anda wajib tahu !.

5. Bumbu mie mengandung MSG


Penggunaan MSG pada bumbu mie dimaksudkan agar masakan mie instan yang dihasilkan lebih terasa mantap dan lezat. Penggunaan MSG untuk masakan hingga sekarang masih menuai kontroversi, ada yang mengatakan aman tapi kebanyakan orang menyebutkan bahwa MSG tidaklah baik bagi kesehatan dan dapat menyebabkan berbagai macam jenis penyakit berbahaya.

6. Penyerapan nutrisi tidak sempurna


Mie instan mempunyai kandungan kalori yang cukup tinggi namun tidak kaya dengan nutrisi yang lain. Mie instan juga tidak mengandung serat sehingga sulit untuk dicerna. Jika kita konsumsi mie instan terlalu banyak maka dapat mengakibatkan terganggunya penyerapan nutrisi ke dalam tubuh kita. Bahkan apabila Anda terus terusan mengkonsumsi mie instan, beberapa jenis penyakit berbahaya akan menghantui Anda.

Tips Aman Konsumsi Mie Instan


Untuk mengurangi resiko berbahaya dari mengkonsumsi mie, anda perlu memasak mie dengan cara yang benar. Bagaimana caranya ??
Caranya adalah dengan mengganti air rebusan mie dengan air bersih karena air rebusan mie kemungkinan besar mengandung zat zat yang tidak baik bagi kesehatan tubuh.

Selanjutnya, campurlah masakan mie dengan sayuran yang banyak mengandung nutrisi agar kandungan nutrisinya lengkap. Dan jangan lupa untuk memasak mie hingga matang agar lebih mudah untuk dicerna.

Itulah akibat kebanyakan makan mie instan dan informasi terkait dengannya. Kesehatan adalah harta paling berharga yang telah dianugerahkan Tuhan kepada kita, maka sudah sepantasnya jika kita menjaga dengan sebaik - baiknya. Sekian dan terimakasih

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Komentar dengan link hidup secara otomatis akan dimatikan