Akibat Makan Mie Instan dengan Nasi, Waspadai Sebelum Menyesal

Makan mie instan dengan nasi ternyata dapat mengakibatkan masalah kesehatan yang menakutkan. Makan mie instan sebenarnya aman asalkan dimasak dengan benar dan dikonsumsi sewajarnya saja. Makan mie yang dilakukan terus terusan dan dalam jumlah berlebih efeknya kurang begitu baik bagi kesehatan bahkan bisa menimbulkan penyakit serius.

Untuk membaca informasi lebih lengkap mengenai bahaya makan mie instan berlebihan silakan Anda baca artikel berjudul akibat kebanyakan mie instant ternyata menakutkan !.

Tak hanya makan berlebihan yang dapat menimbulkan masalah kesehatan, akan tetapi makan mie bersama dengan nasi juga kurang baik, karena memperbesar resiko obesitas (kelebihan berat badan). silakan lanjut membaca untuk mendapatkan informasi selengkapnya.

akibat-makan-mie-instan-dengan-nasi
image from pixabay

Akibat Makan Mie Instan dengan Nasi


Pada saat ini, mie instan banyak dipilih oleh masyarakat sebagai makanan pengganti nasi, pasalnya mie instan sangat praktis dan cepat saji. Hanya membutuhkan waktu beberapa menit hasil olahan mie instan sudah bisa dinikmati. Di lain sisi, ada sebagian masyarakat yang memanfaatkan mie instan sebagai lauk nasi.

Perlu kami sampaikan bahwa akibat makan mie instan dengan nasi itu bisa dikatakan cukup menakutkan, pasalnya dengan cara makan tersebut beberapa keluhan kesehatan bisa menghantui kehidupan Anda. Hal ini bisa terjadi karena mie instan dan nasi itu sama sama memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi.

Nasi satu piring mengandung kalori sekitar 400 kalori, begitu juga mie instan satu porsi. Berarti makan mie instan dnegan nasi sama saja memasukkan kalori ke dalam tubuh sekitar 800 kalori. Sedangkan kalori yang dibutuhkan oleh manusia hanya sekitar 1200 kalori per hari. Jika makan nasi bersama mie sehari tiga kali bisa Anda bayangkan berapa kelebihan kalori yang dialami.

Di bawah ini adalah bahaya makan mie pakai nasi, yang perlu Anda waspadai :

1. Makan mie bareng nasi bisa menyebabkan diabetes


Sebagaimana yang telah kami sampaikan di atas bahwa makan mie instan bersama dengan nasi sama dengan memberi suply kalori ke dalam tubuh dengan berlebihan. Lalu apa hubungannya dengan diabetes ? Jadi begini, ketika manusia mengkonsumsi makanan maka akan diproses oleh tubuh hingga menghasilkan berbagai macam zat yang diperlukan oleh tubuh, salah satunya adalah gula.

Di sisi lain, organ pankreas akan menghasilkan hormon insulin. Apabila makanan yang kita konsumsi mempunyai kandungan kalori sangat tinggi maka pankreas akan menghasilkan insulin yang tinggi pula. Dengan keadaan ini berarti pankreas akan kelebihan kapasitas dan bisa jadi rusak sehingga timbul penyakit diabetes.

2. Obesitas


Akibat makan nasi dengan mie yang lain adalah memperbesar resiko obesitas (kelebihan berat badan). kenapa hal ini bisa terjadi ? karena terlalu berlebihan karbohidrat dan kalori yang masuk ke dalam tubuh bisa menyebabkan indeks glikemik naik serta melonjaknya gula. Keadaan ini dapat mengakibatkan kegemukan jika tidak dibarengi dengan aktivitas fisik yang sepadan.

Oleh karena dapat mengakibatkan masalah yang cukup menakutkan maka disarankan untuk tidak makan mie dengan nasi serta tidak mengkonsumsi mie instan dalam julah berlebihan. Ingat ! mie instan itu mengandung bahan pengawet yang kurang baik bagi tubuh jika terlalu banyak dikonsumsi.

Demikian penjelasan mengenai akibat makan mie instan dengan nasi yang dapat kami sampaikan. Pastikan untuk selalu menjaga pola makan yang sehat agar kesehatan tubuh benar benar terjaga. Sekian, semoga sehat selalu

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Komentar dengan link hidup secara otomatis akan dimatikan