Tips Berjualan Es Campur Agar Untung Melimpah

Tags
Tips berjualan es campur - Salah satu peluang usaha yang sangat cocok dijalankan pada musim kemarau adalah jualan es. Ada banyak model es yang dijual oleh para pedagang, ada es campur, es krim, es puter, es buah, es lilin dan lain sebagainya. Harga yang dibandrol dari setiap jenis es pun berbeda beda tergantung modal yang dibuat untuk membuat es tersebut.

Pada umumnya es campur yang dijual di daerah sekitar kami dibandrol dengan harga antara Rp 5.000,- hingga Rp 10.000,- tak heran jika jualan es banyak dibidik oleh para pelaku bisnis karnea dapat menyumbangkan keuntungan yang lumayan banyak.

Jualan es termasuk peluang usaha musiman karena di musim hujan jualan es bisanya tidak laris. Meski tergolong musiman, namun sayang jika Anda menyia nyiakan kesempatan ini karena cukup banyak untung yang bisa didapat dari jualan es.

tips-berjualan-es-campur-agar-untung-melimpah
image from pixabay

Tips Berjualan Es Campur


Agar usaha jualan es yang akan Anda jalankan berjalan lancar, tentu hal pertama yang harus anda lakukan adalah mengumpulkan informasi terkait jualan es agar laris manis dan untung melimpah.

Penguasaan ilmu terkait pembuatan es campur pun perlu Anda praktekkan dengan baik. Jangan hanya sekedar bisa membuat es campur, usahakan membuat es campur dengan ciri khas yang lain daripada umumnya. Sebagai referensi, Anda bisa membaca cara membuat es campur dengan santan.

Saya sendiri bukan lah penjual es, namun saya berusaha menggali informasi dari beberapa penjual es yang kebetulan masih saudara, serta sedikit menganalisa sesuai dengan jalan pikiran saya mengenai tips berjulan es campur agar untung melimpah. Barang kali bermanfaat, ini lah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam bisnis jualan es.

1. Buat es campur yang nikmat dan punya ciri khas


Mungkin di daerah Anda sudah banyak orang yang jualan es campur sehingga Anda merasa ragu untuk menjalankan bisnis ini. Meski sudah banyak para pedagang es bukan berarti kesempatan Anda tertutup. Kenapa ? karena rezeki setiap orang itu sudah ditentukan oleh Sang Maha Pencipta.

Justru ini adalah sebuah tantangan bagi Anda untuk bersaing secara sehat. Sebagaimana orang yang berlomba, siapa pun yang menang dia lah yang berhak mendapatkan hadiahnya.

Untuk mengalahkan rival Anda, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat es campur senikmat mungkin dan usahakan memiliki ciri khas, misalnya saja es campur pelangi jakarta suroboyo..

Saya sendiri sebagai calon pembeli lebih tergerak hati saya untuk mencoba dan mencicipi es campur yang punya ciri khas. Kalau hanya punya ciri khas tapi rasanya tak enak ya percuma saja karena pembeli hanya akan beli sekali kemudian kapok.

Untuk itu buat es campur yang benar benar nikmat dan membuat orang ketagihan sehingga mereka menjadi pelanggan Anda. Tanamkan kepahaman dalam diri Anda bahwa "satu pelanggan setia lebih baik dari puluhan bahkan ribuan pembeli biasa"

Kalau sudah memiliki pedoman seperti itu, maka tidak hanya untung untung dan untung yang dibicarakan tiap hari tapi bagaimana saya bisa memberi kepuasan terhadap para pelanggan saya. Dengan demikian, pembenahan akan selalu dilakukan demi kepuasan pelanggan dan untung akan datang secara perlahan namun berkelanjutan.

2. Kios jualan es campur bersih dan rapi


Meski rasanya mantap, namun kalau tempat yang digunakan untuk berjualan terlihat kumuh dan tidak bersih maka pelanggan akan kabur ke tempat lain. Coba Anda bayangkan diri Anda sendiri ketika hendak jajan makanan, lebih senang jajan di tempat yang bersih dan rapi bukan ?

Bersih di sini tidak hanya terbatas pada tempat jualan, melainkan alat dan bahan yang digunakan untuk menyajikan dan membuat es campur juga harus bersih. Meski orang yang jajan di tempat Anda telah ramai, namun Anda harus tetap menjaga kebersihan agar pelanggan langgeng.

Saya sendiri pernah mengalami satu pengalaman pahit sebagai pembeli makanan yang akhirnya saya benar benar kapok untuk jajan disana. Ketika itu saya membeli bubur kacang ijo pada satu tempat yang lumayan ramai karena rasanya memang enak.

Namun betapa kagetnya hati saya ketika melihat di bagian bawah bangku makan ada beberapa kecoak yang diam dengan tenang mengerumuni sisa bubur kacang hijau yang jatuh di bawah meja. Mulai saat itu juga saya memutuskan untuk tidak mau jajan ke tempat itu meski teman banyak yang mau mentraktir.

Itu adalah satu kejadian kecil yang dapat menjadi pelajaran berharga bagi kita demi melancarkan usaha jualan makanan dan minuman termasuk es campur. Jangan sampai pelanggan kabur gara - gara kita sembrono.

baca juga : tips dan cara membuat es campur buah untuk dijual

3. Pelayanan ramah dan mau berinteraksi dengan pelanggan


Satu lagi tips jualan es campur agar untung melimpah, yaitu memberikan pelayanan yang baik dan ramah serta mau berinteraksi kepada pelanggan. Saya rasa ini merupakan hal yang penting untuk Anda perhatikan karena dapat membuat pelanggan menjadi nyaman jajan di tempat Anda.

Dalam berinteraksi hendaknya gunakan kata kata yang sopan agar pelanggan semakin suka berkunjung ke kios Anda. Bila memungkinkan, tanyakan juga mengenai es campur yang Anda sajikan, kurang apa, perlu tambahan apa dan sebagainya.

4. Jualan es campur di musim panas


Agar es campur Anda segera ludes terjual, alangkah baiknya jualan es di musim panas. Tak ada larangan jual es pada waktu musim hujan, namun biasanya kurang begitu laku.

Meskipun banyak anak - anak yang ingin membeli es campur buatan Anda yang terkenal nikmat, akan tetapi orang tua anak tersebut tidak akan rela anaknya minum es karena takut pilek.

Untuk sementara itu dulu tips berjualan es campur agar untung melimpah yang dapat kami sampaikan. Semoga dengan menerapkan tips tersebut bisnis Anda berjalan lancar dan menghasilkan banyak untung. Amiin

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Komentar dengan link hidup secara otomatis akan dimatikan