Berapa modal yang dibutuhkan untuk usaha snack makanan ringan ??

Berapa sih modal yang dibutuhkan untuk usaha snack makanan ringan ?? Pertanyaan ini kerap dilontarkan oleh sebagian orang yang ingin segera memulai bisnisnya. Modal adalah hal wajib yang harus dimiliki oleh para pelaku bisnis, pasalnya usaha tidak akan berjalan lancar tanpa modal.

Modal usaha bisa diperoleh dengan menggelontorkan sebagian uang tabungan kita, pinjam kepada teman atau bisa kerjasama bagi hasil dengan rekan. Intinya, permodalan harus diwujudkan dengan berbagai macam cara.

Lantas, kira kira berapa modal yang harus dipersiapkan untuk memulai bisnis makanan ringan ? Di sini akan kami sampaikan perkiraan modal usaha makanan ringan berdasarkan pengalaman usaha yang telah kami jalankan..

berapa-modal-yang-dibutuhkan-untuk-snack-makanan-ringan
image from pixabay

Modal Usaha Snack Makanan Ringan


Bisnis makanan ringan termasuk peluang bisnis bermodal minim dengan keuntungan yang cukup menggiurkan. Betapa tidak, hanya dengan modal beberapa puluh ribu saja usaha ini dapat dijalankan dengan lancar.

Silakan baca : Peluang bisnis UKM makanan ringan modal kecil untung melimpah

Sebagaimana yang telah kami ceritakan beberapa waktu lalu, kami telah menjalankan bisnis makanan ringan dengan cara mengemas ulang aneka macam makanan ringan kemudian menjualnya ke toko (sales). Perjalanan usaha yang kami rintis adalah dari nol sehingga kami banyak menjumpai pahit getir perjalanan bisnis ini.

Untuk menjalankan bisnis makanan ringan ini, kami hanya butuh modal kurang dari satu juta karena sudah ada motor sebagai alat transportasi. Hanya butuh sealer (alat press plastik), uang bensin dan uang kurang dari Rp 500.000,- untuk kulakan aneka macam jajanan dan plastik.

Cukup kah usaha makanan ringan dengan modal kurang dari sejuta ??


Kami telah membuktikan sendiri bahwa bisnis makanan ringan bisa dijalankan dengan modal minim kurang dari satu juta dengan syarat sudah ada motor untuk kelancaran transportasi bisnis. Untuk menjalankan bisnis snack, kami butuh motor karena kami harus menjangkau tempat yang agak jauh.

Apabila alat transportasi sudah tersedia, meski hanya dengan modal kurang dari satu juta maka bisnis makanan ringan ini sudah bisa berjalan dengan baik. Ini adalah kenyataan yang telah kami buktikan dengan bisnis snack kemas ulang. Adapun model bisnis snack yang lain kami kurang tahu karena belum pernah menjalankannya.

Untuk menjalankan bisnis makanan ringan dengan modal minim, kami harus bekerja keras dengan mempraktekkan beberapa ilmu dari para senior. Ternyata, tak gampang sukses bisnis tanpa adanya "ilmu dan kerja keras". Saya telah membongkar sebuah rahasia bisnis makanan ringan pada artikel berjudul rahasia sukses bisnis makanan ringan dengan modal minim.

Modal Usaha Makanan Ringan tidak Hanya Uang


Uang adalah salah satu modal usaha yang perlu dimiliki oleh para pelaku bisnis, namun bisnis tidak hanya butuh uang untuk bisa berjalan dengan baik. Wirausahawan sukses tentu memiliki segepok pengalaman tentang hal itu, namun tidak banyak yang mau menyampaikannya.

Meski kami bukan tergolong pengusaha makanan ringan yang sukses, namun tak ada salahnya jika kami sampaikan beberapa pengalaman terkait dengan cara menjalankan bisnis makanan ringan dengan modal minim. Kira kira modal apa yang saya butuhkan selain uang ?? Antara lain adalah :

1. Modal kemauan keras


Awalnya saya tidak punya kemauan untuk menjalankan bisnis ini karena saya sering minder bila menghadapi para pemilik toko, apalagi kalau pemilik toko itu memberikan tanggapan kurang positif terhadap barang dagangan saya.

Saya pun berusaha untuk noto ati [menata hati] agar bisa senang dalam menjalankan bisnis ini. Kebetulan sekali, banyak rekan yang memotivasi saya untuk menekuni bisnis makanan ringan ini.

2. Modal dukungan keluarga dan rekan


Dukungan keluarga adalah modal usaha makanan ringan yang sangat diperlukan. Tak cukup dengan uang saja, kita butuh dukungan untuk menguatkan tekat dan semangat dalam menjalankan bisnis.

Ketika menjalankan bisnis ini, saya adalah temanten baru yang mestinya berbulan madu di tempat yang serba menyenangkan. Tapi apa daya, saya gak punya modal untuk mengajak bulan madu sang istri di suatu tempat yang istimewa. Inilah salah satu cambuk penyemangat bagi saya untuk sukses berbisnis agar dapat segera membahagiakan sang istri tercinta. [hu..hu..😭😭 jadi baper nih, teringat masa lalu]

3. Doa orang tua adalah modal besar


Doa orang tua adalah modal sukses yang tidak boleh kita sia siakan. Saya yakin, doa orang tua adalah doa yang mustajab dan pasti segera dikabulkan oleh Allah SWT. Kalau boleh, saya akan sedikit mengutip isi hadits yang menjelaskan tentang itu :

ثَلَاثُ دَعَوَاتٍ مُسْتَجَابَاتٌ : دَعْوَةُ الْمَظْلُومِ، وَدَعْوَةُ الْمُسَافِرِ، وَدَعْوَةُ الْوَالِدِ عَلَى وَلَدِهِ" [رواه الترمذى]
Artinya :  

"ada 3 doa yang mustajab, yaitu doanya orang yang dianiaya, doanya musafir dan doanya orang tua kepada anaknya"

Kami tidak bermaksud menggurui para pembaca, hanya sekedar sharing ilmu yang kami peroleh dari pengajian, semoga saja bermanfaat..

Demikian sekilas pembahasan tentang berapa modal untuk menjalankan bisnis makanan ringan. Semoga ulasan singkat ini banyak manfaatnya. Bagikan artikel ini jika menurut Anda bermanfaat..

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Komentar dengan link hidup secara otomatis akan dimatikan