Peluang Bisnis UKM Makanan Ringan untung Melimpah

Tags
Peluang Bisnis UKM makanan ringan ⏩ Bicara tentang bisnis usaha kecil dan menengah tentu ada banyak pilihan. Bisnis camilan atau makanan ringan adalah salah satu UKM yang banyak dibidik oleh para pelaku bisnis Nusantara. Betapa tidak, untung yang dihasilkan dari bisnis ini tergolong sangat melimpah dan menggiurkan hati.

Selain untungnya banyak, UKM makanan ringan bisa dijalankan dengan modal kecil bahkan kami telah mencoba menjalankan bisnis makanan ringan ini hanya dengan modal di bawah 1 juta.

Langkah awal yang harus disiapkan untuk menjalankan bisnis ini adalah tekat kuat dan kemauan keras serta action. Permodalan yang berwujud uang juga diperlukan untuk menjalankan bisnis ini.

peluang-bisnis-ukm-makanan-ringan
image from pixabay

Dari mana kita mulai bisnis makanan ringan ?


Terkait dengan dari mana kita memulai bisnis makanan ringan, itu tergantung diri kita masing masing. Coba turuti kata hati Anda agar bisnis ini bisa dijalani dengan nyaman.

Saya sendiri memulai usaha makanan ringan ini dengan "mengemas ulang" aneka macam cemilan / makanan ringan yang kami beli dari grosir kemudian dikemas ulang lalu saya jual ke toko toko.

Makanan ringan yang dijual oleh grosir biasanya terdiri dari bungkusan bungkusan besar, misalnya makaroni pedas, saya memilih yang berat 5 kg/bungkus. Kami membeli satu bal  makaroni kemudian mengemas kembali menjadi bungkusan kecil harga Rp. 500,- dan Rp 1.000,-

Awalnya saya sendiri kurang yakin kalau bisnis ini bisa memberikan keuntungan yang menggiurkan, namun setelah saya jalani beberapa bulan ternyata hasilnya Alhamdulillah lumayan, bisa untuk mencukupi kebutuhan sehari - hari.

Kelebihan dari bisnis ini adalah bisa menentukan sendiri besar keuntungan yang diharapkan. Kalau ingin mendapat untung lebih banyak tinggal kecilin kemasan saja. Bahkan kalau kita ingin mendapat keuntungan kotor 50% - 80% itu bisa saja, namun tak mudah untuk menerapkan planing itu, ada rahasianya.

Silakan baca : rahasi sukses bisnis snack makanan ringan

Ulasan di atas adalah pengalaman yang pernah saya lakukan, jadi Anda tidak harus meniru apa yang telah saya lakukan namun bisa menerapkan cara lain, sebagai contoh adalah rekan saya, ia memulai bisnis makanan ringan dengan membuat keripik tempe.

Saya pun menyempatkan diri untuk ngobrol terkait bisnis yang dia rintis dan ternyata dari hasil obrolan itu terungkap pengalaman pahit getir manis silih berganti. Meski banyak tantangan namun rekan saya masih tetap bertahan, kenapa ? jelas, karena untungnya banyak.

Intinya, kalau Anda ingin tahu dari mana kita harus memulai bisnis UKM makanan ringan ? jawab : disesuaikan dengan kata hati dan keinginan kita masing masing, bisa sebagai produsen makanan ringan, sales marketing, kemas ulang dan lain lain.

Berapa modal untuk menjalankan bisnis UKM makanan ringan ?


Saya yakin pertanyaan ini muncul di benak anda karena dulu saya juga begitu. Sebenarnya modal yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis makanan ringan itu relatif, artinya disesuaikan dengan seberapa besar bisnis yang akan kita jalankan.

Kalau hanya bisnis kecil - kecilan tentu tidak banyak modal yang dibutuhkan, misalnya saja bisnis pengemasan ulang seperti yang saya jalankan. Awal mula usaha ini saya jalankan dengan modal yang sangat kecil, kurang dari satu juta.

Saya hanya butuh dana untuk membeli las plastik (sealer) seharga Rp 150.000,- dan beberapa ratus ribu untuk membeli aneka macam makanan ringan sekaligus plastik sesuai dengan ukurannya.

Agar modal kecil tersebut tidak habis dan dapat mengembangkan bisnis makanan ringan yang kita jalankan maka perlu management yang baik. Tunggu post kami berikutnya untuk membahas management pengembangan bisnis ukm makanan ringan.

Jual Snack Makanan Ringan yang Laris


Salah satu langkah tepat yang perlu Anda lakukan agar bisnis makanan ringan berjalan dengan baik adalah memilih aneka macam makanan ringan yang laris di pasaran.

Sebenarnya syah syah saja bila Anda menjual snack yang tidak begitu laku, namun resikonya adalah barang dagangan menumpuk sampai berhari - hari dan akhirnya terbuang sia - sia.

Seperti yang dilakukan oleh salah satu rekan saya, dia justru menjadi sales makanan ringan yang kurang disukai konsumen namun ia pilih snack yang untungnya lebih dari 50%. Jadi, meski ada sebagian yang tidak laku tapi untung tetap didapat.

Jualan makanan ringan sistem online, mantaap !!


Pada era yang serba modern seperti sekarang ini, internet sudah menjadi kebutuhan masyarakt. Sayang jika Anda menyia nyiakan kesempatan untuk pengembangan bisnis makanan ringan melalui media online.

Mulai kenalkan produk Anda melalui media sosial seperti facebook, twiter, BBM dan lainya. Anda juga bisa menawarkan produk melalui situs jual beli seperti olx, tokopedia, lazada, shope dan lainnya.

Akan lebih baik lagi kalau Anda mempunyai toko online sendiri, baik berupa blog toko online atau membuat toko online melalui jasa pembuat toko online seperti "jejualan" dan lainnya.

baca juga : jejualan penipu atau bukan ? ini penjelasannya..

Saya sendiri sekarang lebih menekuni bisnis di dunia online ketimbang yang offline, sampai para pelanggan sering menghubungi saya untuk dikirim barang. Lantas, bagaimana akhir dari bisnis usaha snack saya ? Tunggu saja post berikutnya..
InsyaAllah akan saya ceritakan di lain kesempatan.

Saya kira sekian dulu artikel yang dapat kami tulis mengenai peluang bisnis ukm makanan ringan dengan untung melimpah. Semoga secuil pengalaman yang kami tulis di atas bisa menjadi cambuk bagi Anda untuk memulai bisnis sukses. Silakan bagikan pengalaman Anda di kolom komentar yang telah kami sediakan di bawah post.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Komentar dengan link hidup secara otomatis akan dimatikan