Perbedaan Soda Kue dengan Baking Powder

Perbedaan soda kue dan baking powder ⏩ Untuk membuat aneka macam roti, diperlukan bahan pengembang kue, bisa dengan soda kue atau dengan baking powder. Banyak orang yang menganggap kedua bahan pengembang kue ini sama, padahal keduanya memiliki perbedaan. Kalau dilihat dari fungsinya memang sama, yaitu sebagai bahan pengembang kue atau roti sebelum dikukus atau dipanggang.

Meski memiliki kegunaan yang sama, namun jika dilihat dari struktur kimia serta spesifikasinya ada banyak perbedaan dari soda kue dan baking powder. Untuk mengetahui perbedaan dari kedua bahan tersebut, silakan simak penjelasan di bawah ini..

perbedaan-soda-kue-dan-baking-powder
image from pixabay

Perbedaan Soda Kue dengan Baking Powder


Bahan untuk mengembangkan roti atau kue ada banyak jenisnya, ada bahan pengembang kue yang bekerja dengan cara biologis (misalnya kapang dan ragi), ada juga yang bekerja dengan cara kimiawi (misalnya baking powder dan soda kue).

[baca juga : pelembut kue bolu pilihan para master]

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas lebih dalam mengenai bahan pengembang kue, khususnya mengenai perbedaan soda kue dan baking powder. Sebagaimana kita ketahui bahwa bahan pengembang kue yang saat ini paling banyak digunakan adalah baking powder dan soda kue, baik digunakan sebagai pengembang roti maupun untuk membuat aneka macam kue seperti bolu kukus dan lainnya.

Dalam pembuatan roti atau kue, soda kue dan baking powder memiliki fungsi yang sama yaitu sebagai bahan pengembang, namun ada beberapa hal yang membedakan antara kedua bahan tersebut, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Kandungan soda kue dan baking powder


Salah satu perbedaan soda kue dan baking powder adalah kandungan kimia dari kedua bahan tersebut. Baking soda murni terbuat dari Natrium Bikarbonat tanpa ada campuran bahan lain.

Sedangkan baking powder, tidak hanya mengandung Natrium Bikarbonat, tapi juga mengandung bahan lain seperti bahan pengemulsi dan Sodium Asam Pirofosfat. Oleh karena memiliki kandungan kimia yang berbeda, kue yang dihasilkan dengan kedua bahan tersebut juga berbeda meski hanya sedikit perbedaannya.

2. Kegunaan Soda Kue dan Baking powder


Natrium Bikarbonat yang dimanfaatkan sebagai pengembang kue akan dapat bereaksi ketika bertemu dengan senyawa asam. Tanpa senyawa asam, Natrium Bikarbonat tidak bisa bekerja sendiri.

Apabila kue yang Anda buat memiliki kandungan asam, misalnya margarin, cokelat, susu, mentega dan yogurt, silakan gunakan soda kue sebagai bahan pengembang karena Natrium Bikarbonat pada soda kue bisa bekerja dengan baik atas bantuan senyawa asam tersebut.

Sebaliknya, jika Adonan kue yang Anda buat tidak mengandung asam, sebaiknya gunakan baking powder karena selain baking powder tidak hanya mengandung Natrium Bikarbonat, tapi juga mengandung Sodium Pirofosfat sehingga dapat tetap bereaksi meski tidak bertemu dengan senyawa asam.

3. Hasil penggunaan soda kue dan baking powder


Selain dua hal di atas, perbedaan soda kue dan baking powder juga bisa dilihat dari hasil yang diciptakan dari kedua bahan tersebut. Roti atau kue yang dikembangkan dengan menggunakan soda kue cenderung terasa pahit, apalagi kalau soda kue yang diberikan terlalu banyak.

Berbeda dengan kue yang dikembangkan pakai baking powder, hasilnya cenderung lebih gurih dan tidak ada rasa pahit karena Natrium Bikarbonat akan habis bereaksi bersama dengan Sodium Pirofosfat dan bahan emulsinya.

Itulah beberapa perbedaan soda kue dan baking powder yang dapat kami tulis. Semoga penjelasan ini dapat membantu Anda dalam menentukan pilihan pengembang kue. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Komentar dengan link hidup secara otomatis akan dimatikan