Rahasia Sukses Bisnis Makanan Ringan, jadi Jutawan dengan Modal Minim

Rahasia sukses bisnis snack makanan ringan ⏩ Usaha jual makanan ringan termasuk peluang bisnis yang cukup menjanjikan, pasalnya keuntungan yang ditargetkan dapat disesuiakan dengan keinginan. Sebagaimana yang telah kami ceritakan pada post sebelumnya dengan judul peluang bisnis UKM makanan ringan untung melimpah, kami sedikit menyinggung gambaran keuntungan yang dapat dihasilkan dengan menjalankan bisnis ini.

Meski persaingan bisnis semakin ketat, namun bukan berarti kita tidak punya kesempatan untuk maju. Saat ini banyak sekali peluang usaha yang dapat menghantarkan kesuksesan, tinggal kita mau memilih yang mana.

Salah satu dari sekian banyak peluang usaha yang ada, bisnis makanan ringan termasuk peluang usaha yang tidak bisa dianggap remeh. Meski kelihatan sepele, namun bisnis ini dapat memberikan laba yang banyak.

rahasia-sukses-bisnis-snack-makanan-ringan
image from pixabay

Rahasia Sukses Bisnis Snack Makanan Ringan


Sesuai dengan janji saya beberapa waktu lalu, kami akan sedikit membagikan tips sederhana untuk menunjang kesuksesan usaha. Loh kok tips sederhana ? katanya rahasia sukses bisnis snack makanan ringan???

Kalau menurut saya, yang namanya rahasia itu akan selalu disimpan dan tidak akan diumbar ataupun dibagikan kepada siapapun entah secara langsung maupun lewat media apapun.

Sedangkan kali ini, saya akan membagikan secara luas dan tanpa batasan, semua orang bebas membaca tanpa harus membayar sepeser pun. Apakah tepat kalau saya bilang sebagai rahasia ?? menurut saya lebih cocok bila saya sebut dengan tips sederhana saja.

Apa yang saya utarakan pada artikel ini bersumber dari pengalaman pribadi saya ketika menjalankan bisnis snack makanan ringan dan juga pengalaman dari beberapa rekan saya.

Saat ini  saya sudah tidak menjalankan bisnis makanan ringan karena sudah tidak mampu membagi waktu untuk bisnis itu. Kenapa saya harus merelakan bisnis yang telah saya bangun bertahun tahun ? Tunggu saja post berikutnya, insya Allah akan saya ceritakan..

Yang jelas, saya berhenti dari bisnis ini bukan karena bangkrut, tetapi karena ada faktor lain. Bahkan saat ini saya minta salah satu rekan saya untuk melanjutkan dan mengambil peluang bisnis ini.

Waduh,,
Malah curhat..
Mana tipsnya ?? kelamaan banget..

Sabar ya !!
Saya perlu ngopi dulu agar semangat nulis, ha..ha..😃😃

Sukses Bisnis Snack Makanan Ringan


Apabila Anda benar benar ingin menjalankan bisnis makanan ringan, saya punya sedikit tips untuk menunjang kesuksesan bisnis tersebut. Ini lah beberapa langkah yang saya lakukan dalam menjalankan bisnis tersebut..

1. Kuatkan tekad untuk menjalankan bisnis snack makanan ringan


Saya masih benar benar ingat perasaan campur aduk di hati ketika pertama kali menjalankan bisnis ini. Memang saya ini adalah anak pedesaan namun gak tahu kenapa, saat menjalankan bisnis ini awalnya saya sangat tidak PD.

Perasaan ini muncul karena snack makanan ringan yang saya jual tergolong makanan klasik yang sudah tidak zaman. Lho kok saya katakan tidak zaman ?? karena banyak toko yang tidak mau menerima barang dagangan saya dengan mengatakan "maaf mas, orang sini pada gak mau jajanan seperti ini, sudah gak zaman !!"

Sungguh penolakan yang halus, namun nancep di hati..😢😢

Awalnya saya hampir putus asa karena ada banyak toko yang tak mau menerima barang dagangan saya, namun karena modal saya mepet dan saya pikir tak mungkin kalau saya mau beralih profesi akhirnya saya tetap melanjutkan bisnis ini. Belum lagi, saat saya ingat istri butuh nafkah untuk kebutuhan sehari hari.

Oleh karena itu lah saya berusaha menguatkan tekad dalam pengembangan bisnis makanan ringan tersebut. Meski banyak orang yang bilang kalau barang dagangan saya begini begitu dan apalah, saya "gak peduli" yang penting saya berusaha memantapkan tekat teriring kalimat doa BISMILLAH semoga Allah memberi kelancaran dan rezeki yang barokah.

"Gak peduli", saya beri tanda kutip, kenapa ? karena sebenarnya saya tetap memikirkan masukan konsumen dan berusaha menyajikan barang dagangan yang ia sukai. Jadi sebenarnya saya tetap peduli apa kata konsumen meski menyakitkan, hanya saja untuk memantapkan tekad, saya bilang tak peduli. Saya gak tahu kalimat apa yang tepat untuk ini, jika Anda tahu kata yang lebih tepat, silakan kasih masukan lewat kolom komentar yaa... 😊😊

2. Terus maju meski banyak orang mencela usaha makanan ringan kita


Seperti yang telah saya ceritakan di atas, awal usaha makanan ringan yang saya jalankan tidak lah mulus, banyak omongan dari beberapa orang yang cukup membuat sakit hati.

Saya pun teringat unen-unen orang jawa "kembang turi melok melok - ora peduli wong alok-alok sandang pangan golek dewe" [tak peduli apa kata orang, sandang pangan mencari sendiri]

Coba bayangkan !! andaikan saya berhenti menjalankan usaha makanan ringan hanya gara gara ada orang ngomong tak enak di hati pasti kerugian besar akan saya tanggung sendiri bukan ??

Maka dari itu, saya mengambil langkah untuk tetap maju dan menekuni usaha makanan ringan ini walaupun sebenarnya hati terasa berat dan ingin sekali beralih pekerjaan karena menurut saya salah satu rahasia sukses bisnis makanan ringan adalah "tekun ulet dan maju terus meski banyak hambatan"

3. Pilih makanan ringan yang disukai banyak orang


Bermula dari kata konsumen seperti yang telah kami utarakan di atas, saya pun berusaha menyajikan jenis makanan ringan yang banyak disukai orang. Pada awal bisnis ini, saya hanya membawa beberapa jenis snack makanan ringan seperti makaroni pedas, makaroni manis, telur gabus, kue kering chibi dan telur gabus.

Saya pun mulai memperbanyak barang dagangan dengan berbagai macam viariasi. Dari pengamatan saya, jenis makanan ringan klasik yang laris adalah makanan yang disukai oleh orang dewasa dan snack dengan warna menarik. Alhamdulillah dengan cara ini, usaha bisnis makanan ringan kemas ulang yang saya lakukan berjalan lebih lancar daripada sebelumnya.

4. Kemasan snack makanan ringan bersih dan rapi


Awalnya saya berfikir kalau masyarakat sekitar saya lebih suka jajanan murah, sehingga saya mengemas barang dagangan agak besar. Sesuai dengan harapan, barang dagangan saya laku keras, namun keadaan itu tidak berlangsung lama karena konsumen cepat bosan dengan snack klasik yang saya jual.

Saya pun mencoba untuk membuat kemasan makanan ringan yang agak keren meski hanya sedikit isinya. Memang dengan cara ini barang dagangan tidak terlalu cepat habis namun lumayan langgeng dan untungnya bisa lebih banyak.

5. Layani konsumen dengan baik


Saya masih ingat kata teman saya yang bekerja sebagai penjual krupuk rambak "wong kene sing penting dibasani ngko podo gelem tuku" [orang sini yang penting diajak omong dengan bahasa yang bagus pasti mau beli]

Beliau saya anggap sebagai guru saya karena telah mengajari bagaimana cara berjualan yang baik. Saya pun sebisa mungkin berinteraksi pada calon konsumen dengan bahasa yang enak dan tidak menyinggung perasaan. Dengan menerapkan cara ini Alhamdulillah pelanggan snack makanan ringan saya semakin bertambah banyak.

6. Berdoa kepada Sang Maha Pencipta dengan keyakinan penuh


Berdoa dengan penuh keyakinan adalah langkah tepat bagi kita sebagai hamba Allah SWT untuk mengadukan keluh kesah kita kepadaNya. Sebagai seorang hamba, kita diwajibkan untuk berusaha dan saat ini kita sudah melakukannya.

Tiba saatnya kita berserah diri kepada Sang Maha Pencipta seraya memanjatkan doa supaya usaha yang kita jalankan diberi kelancaran sehingga menghasilkan untung berlimpah dan barokah.

Jangan pernah merasa sombong atas keberhasilan yang kita dapatkan karena itu semua adalah pemberian dari Allah sebagai ujian apakah kita bisa bersyukur atau justru malah kufur.

Itulah beberapa tips sederhana yang saya beri judul rahasia sukses bisnis snack makanan ringan. Kerja giat, semangat, tekun dan ulet disertai dengan doa kepada Allah SWT adalah langkah tepat bagi kita dalam menjalankan bisnis apa saja termasuk bisnis snack makanan ringan. Silakan bagikan artikel ini jika menurut Anda bermanfaat..

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Komentar dengan link hidup secara otomatis akan dimatikan