Ayam Geprek dan Ayam Penyet Bedanya Apa Sih? Ternyata Ada di Bagian Ini

Tags
Hidangan ayam geprek akhir-akhir ini mulai dikenal oleh masyarakat. Sebagaimana dilansir dari laman jambi.tribunnews.com (27/04/2018) ayam geprek pertama kali dibuat pada tahun 2003 di Yogyakarta. Pemilik warung makan ayam geprek yaitu Ruminah dengan alamat Jalan Wulung Lor, Papringan. Pada tahun 2017 artis tanah air Ruben Onsu pernah merintis bisnis ayam geprek di wilayah Jakarta.

Sejak saat itulah, banyak bertebaran warung makan ayam geprek di berbagai wilayah. Ada hal unik tentang kuliner berbahan dasar daging ayam, yaitu ayam penyet dan ayam geprek.

baca juga : cara membuat ayam panggang saos tomat

Keduanya adalah olahan daging ayam yang sangat mirip, yaitu daging ayam goreng sama-sama digoreng dan diberi sambal, namun sejatinya kedua kuliner ini berbeda.

ayam-penyet-ayam-geprek
Gambar ilustrasi (sumber : notepam.com)

Perbedaan Ayam Geprek dan Ayam Penyet


Kata Ruminah, ayam geprek bermula dari mahasiswa dari Kudus yang meminta Ruminah untuk meletakkan sambal di atas ayam goreng tepung. Saat itu, banyak yang menyebut ayam tersebut dengan ayam ulek, ayam genjrot. Akhirnya Ruminah memberi nama ayam geprek.

Dari penjelasan tersebut bisa diambil kesimpulan bahwa ayam geprek adalah hidangan ayam goreng dengan tepung garing yang diulek dengan sambal. Ayam geprek adalah salah satu kuliner Nusantara yang terbilang hidangan cepat saji dengan citarasa yang begitu khas.

Lantas, apa bedanya ayam geprek dan ayam penyet ?


Kalau ayam geprek adalah ayam goreng tepung yang diulek dengan sambal, sedangkan ayam penyet adalah hidangan daging ayam ungkep dengan bumbu kuning dan diberi sambal di atasnya. Ayam penyet diberi bumbu khas Nusantara yang lebih lengkap daripada ayam geprek.

Ayam penyet dimasak ungkep dengan api kecil dalam waktu yang lumayan lama dengan tujuan agar bumbu dapat meresap sempurna. Setelah daging ayam selesai diungkep baru digoreng dengan minyak yang panas kemudian ditekan pakai ulekan agar ayam gepeng.

Tekstur daging ayam geprek dan daging ayam penyet juga berbeda. Kalau ayam penyet daging terasa lebih lembut karena diungkep dalam waktu yang lumayan lama. Sedangkan ayam geprek hanya mengandalkan tenaga pengulek untuk mendapatkan daging ayam yang lepas dan bercampur dengan sambal.

Adapun sambal yang digunakan untuk ayam geprek dan ayam penyet tidak ada aturan khusus. Aneka macam sambal yang ada di Nusantara seperti sambal bawang, sambal hijau, sambal korek, sambal mentah, sambal terasi dan lainnya cocok untuk menikmati lezatnya ayam geprek dan ayam penyet.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Komentar dengan link hidup secara otomatis akan dimatikan